'Si Ungu' Pengganti Kentang Nan Sehat Diproduk Mahasiswa Tristar


'Si Ungu' Pengganti Kentang Nan Sehat Diproduk Mahasiswa Tristar





Hidangan utama atau biasa disebut dengan Main Course di Menu Continental memang memiliki ciri khas tersendiri. Sebelumnya, pengertian Main Course sering disalah artikan oleh masyarakat awam yakni makanan pokok. Padahal Main Course adalah hidangan pokok yang terdiri dari lauk pauk hewani, disertai karbohidrat berupa kentang dan sayuran.




Dari susunan lengkap tersebut, ada satu pelengkap yang wajib ada dan jarang bisa diganti dengan bahan lainya yaitu kentang sebagai karbohidratnya. Akan tetapi kemarin di kampus Tristar Institute, ada satu hidangan Main Course ala Continental yang berbeda dari biasanya. Dua mahasiswa, Arika dan Sindy, mereka mengubah karbo dari kentang menjadi ubi ungu di hidangannya saat ujian praktik kemarin (27/9) .




“sebenarnya teman yang lain sudah ada yang menggunakan ubi tetapi yang berwarna putih. Dan jugahidangan lainnya dominan menggunakan kentang. Kita berdua berkomitmen untuk memilih ubi ungu menjadi pelengkap hidangan kita” jelas Arika, salah satu mahasiswa Kuliner triwulan pertama ditahun keduanya. 







Sama seperti lainnya, mereka megolah hidangan main course tersebut hanya dalam kurun waktu 1 ½ jam saja. Hidangan yang diberi nama Tiger Prawn Curry Sauce And Mashed Sweet Potato ini, didampingi pula dengan lauk hewaninya dengan menggunakan udang yang berukuran cukup besar, berselimut dengan bumbu kari dan warna-warni dari tumisan sayurannya.
Perlu diketahui, kandungan asupan vitamin dari ubi ungu ini empat kali lipat lebih banyak daripada kentang. Selain itu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi yaitu zat pemberi warna ungu pada ubi tersebut.






Dalam perkuliahan di Tristar Institute yang sudah terakreditasi A ini, akan memberikan pengetahuan bahan beserta teknik pengolahanya dengan jelas. Sehingga mahasiswa yang mempelajarinya akan dengan mudah pula mengkreasikan bahan local seperti ubi ungu ini menjadi sebuah hidangan yang tampil mewah .*Slv




Komentar

Posting Komentar