Kuliah Sambil Berwirausaha, Kenapa Tidak!


Kuliah Sambil Berwirausaha, Kenapa Tidak!




Mahasiswa Tristar Institute biasanya diberikan pembelajaran perkuliahanya tidak hanya bagaimana cara membuat sebuah produk jual saja. Akan tetapi, mereka, para mahasiswa jurusan kuliner, diberikan pembelajaran tentang materi lainnya untuk meningkatkan keahlian mereka dalam bagaimana cara membuat usaha dari bawah seperti usaha kecil menengah (UKM).





Seperti halnya, membuat perencanaan, strategi penjualan hingga perhitungan harga produk dalam membuat sebuah produk jual. Saat mereka masih menjadi mahasiswa, ada salah satu mata kuliah yang mempelajari menjadi wirausahawan. Sekaligus mempraktikanya langsung di lapangan. Sehingga mereka dapat merasakan bagaimana menjadi seorang wirausahawan sebenarnya.
Dan tak sedikit, mahasiswa yang sudah mempelajari perkuliahan tersebut ingin segera melakukannya  sendiri. Meskipun mereka masih berstatus mahasiswa di Tristar Institute, mereka berani untuk menjual suatu produk hasil karyanya kepada masyarakat umum. 






Salah satunya, oceana wijaya, mahasiswa Tristar semester enam ini sudah membuat usaha produk siomay dan pangsit, yang bernama Siomay Acon (SIACONN). Ia memulai usahanya ini sejak bulan mei 2019 lalu hingga saat ini. “untuk sementara ini hanya siomay dan pangsit. Dan juga lagi proses untuk mengeluarkan menu-menu baru lainnya” jelas gadis asli Makasar ini.






Kemudian, ada mahasiswa lainya yang juga membuka usaha mandiri dibidang Pastry yakni F.C. Theodorus. Berbeda dari sebelumya, mahasiswa Tristar ini lebih menyukai membuat produk dessert dibandingkan masakan. Produknya pun sangat kekinian dan terlihat cantik, yang diberi nama El Grande Pattiseri.








“awalnya saya membuka open PO Dessert Box batch 1 sebanyak 75 box dan batch 2 juga 75 box jadi total saya sudah menjual 150 Dessert Box” kata Theo, nama panggilanya. “baru setelah itu, ada yang memesan Alphabet Cake akhirnya setelah saya post di Instagram banyak yang tertarik. Akhirnya perlahan-lahan satu persatuorang mulai pesan cake di saya gitu” lanjutnya.
Kedua mahasiswa Tristar tersebut merupakan sebagian kecil mahasiswa yang mau dan berani membuat produk hasil karyanya untuk dijual di pasaran. Masih ada banyak nama produk usaha mahasiswa lain seperti Stella Silvani (Morsen), Evelyn (Stay Fit Kitchen) dan masih banyak lagi.
Meski masih kuliah, usaha mereka ini berjalan lancar tanpa kendala. hingga saat ini, di masa pandemi Covid-19 menyerang, mereka tetap produktif menjalankan usahanya tersebut.*Slv


Komentar