HIPPAKIM ITS Turut ‘Memerangi’ Covid-19 Di Surabaya


HIPPAKIM ITS Turut ‘Memerangi’ Covid-19 Di Surabaya


 

Covid-19 atau biasa kita sebut virus corona sudah menjadi wabah dunia termasuk di Indonesia saat ini, ditahun 2020. Virus yang amat berbahaya ini bisa menyerang siapapun, tua, muda, balita, pria maupun wanita. Tetapi jika ditangani dengan benar, virus mematikan ini bisa dihindari, salah satunya berperilaku hidup bersih dan sehat.





Kemarin, minggu siang (22/3) para mahasiswa juurusan kimia beserta HIPPAKIM (Himpunan Pengusaha Professional Alumni Kimia) ITS sedang membuat Hand Sanitizer untuk dibagikan ke masyarakat umum. “aksi sosial kita ini ada 3 hal, yang pertama dari penyandang dana bahan yang kita upayakan seluruhnya patungan dari alumni-alumni Kimia ITS. Untuk Departemen Kimia ITS ini berfungsi sebagai fasilitator mengenai peralatan, tempat dan formulasinya” terang Bapak Esma Wiyono, Ketua HIPPAKIM ITS, saat menjelaskan kepada para wartawan.






Dan Tristar salah satunya, sang direktur Ir. Juwono Saroso merupakan alumni dari ITS jurusan Kimia, turut membantu kegiatan ini. Karena keadaan yang semakin memprihatinkan, seluruh alumni tergerak hatinya untuk mengucurkan sedikit finansialnya agar membantu masyarakat umum di Surabaya.


    






Disamping itu, di lab KIMIA ITS,  beberapa mahasiswa Kimia semester 8, membuat larutan Hand Sanitizer yang berkomposisi Etanol (Alcohol), Glycerol, Hydrogen Peroksida dan Aquades. Teksturnya berbeda sekali dengan produk Hand Sanitizer yang dijual di luaran. Pria yang kini menjadi Dosen ITS itu, Bapak Esma sempat mengatakan bahwa Hand Sanitizer yang benar seperti standar WHO, hanya menggunakan 4 bahan tersebut dengan kandungan Etinol (Alcohol) 80% dan lebih efektif membunuh bakteri maupun virus. 






Mereka membagi larutan Hand Sanitizer menjadi 3 ukuran yang berbeda yakni 200 ml, 60 ml dan 10 ml dengan total 2800 botol yang akan dibagikan secara gratis. Kemudian mereka mengemasinya dalam kotak kardus yang sudah ditempelkan stiker bertuliskan ‘INDONESIA SEHAT, LAWAN COVID-19/CORONA’.












Bersama-sama, para mahasiswa serta beberapa alumni ITS segera memberikan Hand Sanitizer yang dibuatnya kepada para penegendara. Dari motor, mobil, sepeda hingga ojek online, diberikan secara Cuma-Cuma. Dengan harapan, kegiatan sosial ini mampu membantu melawan penyerangan virus covid-19. *Slv

Komentar