Belajar Satu Menu Yang Cocok Untuk Berwirausaha


Belajar Satu Menu Yang Cocok Untuk Berwirausaha


 

Di kampus Trestelle Mannyar, Surabaya, akan memberikan pengajaran tentang berwirausha juga. Sehingga mereka dididik untuk menjadi seorang Owner suatu usaha, tidak harus menjadi karyawan. Saat praktik memasak, sang dosen pengajar akan memberikan beberapa produk layak jual kepada mahasiswanya.




Salah satu produknya, Siomay dan Batagor Bandung yang dibuat oleh mahasiswa Pastry kemarin, Jumat (28/2). Hidangan dari olahan ikan tenggiri ini memang sangat populer di Kota-Kota besar karena rasa Khasnya. 















Dibimbing oleh Chef Vivi, 20 mahasiswa tersebut membuat adonan campuran ikan tenggiri. Menggunakan ikan tenggiri segar, mereka memisahkan daging dari kulit dan durinya terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga mempersiapkan pelengkapnya untuk diisikan dengan adonan ikan tenggiri yakni, tahu, kubis, pare, telur dan kentang yang dikukus.













Mereka memotong-motong bahan tersebut sesuai dengan ukuran yang ditentukan oleh Chef Vivi. “tahu ukuran besar itu, nanti dipotong jadi dua bagian ya” terang Chef Vivi ketika mereka mengolah pelengkap Siomay. Lalu, tahu dikeruk bagian tengahnya dan diisi dengan adonan ikan tenggiri tadi. Sama halnya dengan pelengkap lainnya, juga diisi dengan adonan tenggiri tadi. Untuk siomay nya, adonan tenggiri di balut dengan kulit pangsit dan dibentuk segiempat. 





Uniknya, ada adonan tenggiri yang dicetak dengan cetakan kue talam berbentuk bintang, hati dan bunga. Sehingga bentuknya menjadi variasi dan lucu saat dimakan nantinya. Kemudian semua komponen dari Siomay dikukus selama 25 menit hingga matang. 







Sedangkan Batagor, cukup digoreng saja siomay yang sudah dikukus tadi hingga kuning kecokelatan. Dan yang paling penting dari Batagor dan Siomay ialah saus kacangnya yang gurih dan kental. Tak lupa, Chef Vivi menambahkan irisan jeruk limau saat disajikan, sehingga Batagor dan Siomay menjadi lebih segar.










Dengan cepat, mereka, mahasiswa Pastry ini mencoba dan mencocol produk yang dipraktikkanya. Dan mereka menikmatinya dengan lahapnya. *Slv

Komentar