Pelatihan Membuat Aneka Produk Pembersih Rumah Tangga Dan Kosmetik Bersama Disnaker (Part 2-habis)


Pelatihan Membuat Aneka Produk Pembersih Rumah Tangga Dan Kosmetik Bersama Disnaker (Part 2-habis)



 

Setelah membuat sabun cair, peserta Sosialisasi dan Bimtek Fasilitas Perluasan Kesempatan Kerja Bagi Wirausaha Baru Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBM) melanjutkan untuk mempraktikkan produk pembersih rumah tangga lainnya yakni Sampo, Softener dan Deterjen Cair (17/2).





Cara nya masih sama seperti produk kemarin, menggunakan mesin pengadukan dalam jumlah besar. ibu Evi, seperti biasanya, ia memberikan penjelasan tentang tahapan bahan-bahan apa saja yang diproses terlebih dahulu. Sambil menyimak, mereka, warga Kecamatan Tambak Sari dan Gubeng, mencatat tips dan trik dari Instruktur.








Kemudian, para kelompok ibu-ibu dan bapak-bapak ini segera menempati area mesin pengadukkan untuk mempraktikkannya. Mereka bersama-sama membagi tugas kerja saat proses pembuatannya. 







“ibu-ibu dan bapak-bapak, produk yang dibuat sekarang sebenarnya sebaikknya didiamkan dahulu semalaman ya. Karena kalau kondisi masih berbusa, dituang ke dalam botol sudah penuh kemudian dilihat keesokan harinya berubah menjadi tidak penuh” terang ibu Evie. 






“produk yang kemarin kita kerjakan bisa langsung dikemas karena busa nya sudah hilang ya ibu” imbuh nya setelah proses pembuatan produk pembersih rumah tangga selesai. Lalu Salah satu peserta mengambil kemasan botol berukuran 1 ½  liter dan menuangkan produknya dengan bantuan gelas ukur. 







Setelah semua produk pembersih selesai, mereka berlanjut membuat satu produk kecantikan yakni hand body lotion. Proses pembuatannya sama seperti proses pembuatan produk pembersih, namun dalam proses pengemasan bisa dilakukan saat itu juga. tidak perlu menunggu keesokan harinya, karena tidak mengandung busa. Dikemas sama, dalam botol plastik transparan kemudian ditutup rapat agar bakteri tidak masuk ke dalam. 











Diakhir kegiatan, Ketua Disnaker dan Ibu Evi memberikan beberapa paket bahan kepada ketua masing-masing kecamatan. Bapak Bagus, Ketua kelompok dari Kecamatan Tambak Sari dan Bapak Teguh dari kecamatan Gubeng, Surabaya. Sekaligus penyerahan sertifikat dari Tristar Kursus Home Industry.*Slv


 

Komentar