Pelatihan Membuat Aneka Produk Pembersih Rumah Tanggang Dan Kosmetik Bersama DISNAKER (Part 1)


Pelatihan Membuat Aneka Produk Pembersih Rumah Tanggang Dan Kosmetik Bersama DISNAKER (Part 1)




Sabun, Shampo, Deterjen dan Softener merupakan beberapa produk pembersih rumah tangga yang penting bagi kita semua. Dan itu menjadi sebuah kebutuhan primer bagi tiap rumah hingga sebuah tempat penginapan seperti Hotel, Motel dan sejenisnya. 





Kini Produk pembersih juga bisa dibuat sendiri di rumah, tanpa menggunakan peralatan yang sulit tetapi peralatan yang mudah dijumpai. Seperti pelatihan pembuatan aneka produk pembersih dari Tristar Kursus Home Industry di Kaliwaron, Surabaya lalu (17/2).





Dalam  kegiatan ini, Sosialisasi dan Bimtek Fasilitas Perluasan Kesempatan Kerja Bagi Wirausaha Baru Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBM), Tristar diajak oleh Disnaker Surabaya, untuk memberikan pengalaman baru, guna memperdayakan tenaga kerja warga kecamatan tambak sari dan gubeng. Selain itu, tujuan lainnya, dapat membantu perkekonomian mereka. 





Ketua Disnaker Daerah Surabaya, Bapak Budiono,  menjelaskan “semua ini bertujuan untuk warga masyarakat MBR bisa mandiri bisa membuat, Sabun, Sampo, Softener, Deterjen Cair dan Hand Body Lotion”. 




Ibu Evie, selaku Ketua dan Instruktur kegiatan, berkata “membuat sabun ini sangat mudah loh ibu-ibu! Cuma bahan-bahannya dicampur jadi satu dan diaduk saja”. Semudah itu ternyata membuat aneka produk pembersih rumah tangga. 50 peserta dari dua kecamatan, Tambak Sari dan Gubeng, begitu antusias menyimaknya.
Selama 4 hari kedepan, mereka akan mempelajari 4 produk pembersih rumah tangga, Sabun Mandi Cair, Deterjen Cair, Softener dan Sampo. Dan ada satu produk kosmetik yang juga dipraktikkan oleh ibu evie yakni Hand Body Lotion.
Dihari pertama nya, Senin pagi (17/2) , pukul 09.30 WIB, peserta mempraktikkan bagaimana cara membuat Sabun Cair. Ada 2 proses pembuatan yang diajarkan, cara manual dan menggunakan mesin pengaduk.














Tanpa basa-basi, peserta menuangkan bahan-bahan yang sudah disediakan. Kedua cara tersebut hanya memiliki perbedaan waktu proses pengadukannya saja. “Cara manual hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Sedangkan yang menggunakan mesin pengaduk, sekitar 30 menit hingga bahan tercampur rata” ujar Ibu Evie. 












Adonan sabun yang sudah jadi didiamkan selama sehari semalam untuk menghilangkan busa nya. Kemudian dikemas dalam botol plastik dan bisa diberi label nantinya.*Slv

Komentar