Fruit And Vegetable Carving, Teknik Mengukir Buah Dan Sayur Yang Penuh Ketelatenan


Fruit And Vegetable Carving, Teknik Mengukir Buah Dan Sayur Yang Penuh Ketelatenan





Mengukir merupakan teknik untuk membentuk ukiran suatu benda biasa dari tangan seorang seniman yang menjadikannya sebuah karya seni tinggi. Teknik mengukir ini tidak hanya digunakan untuk mengukir benda seperti batu dan kayu saja. Melainkan buah atau sayuran pun dapat dijadikan sebagai salah satu media ukir dan menyulap tampilan yang biasa menjadi karya seni yang luar biasa indahnya.





Seni mengukir buah dan sayuran yang sering disebut dengan fruit and vegetable carving merupakan sebuah kegiatan mengukir dan memahat yang menggunakan pisau khusus sudah terkenal sejak beberapa tahun lalu tetapi tidak semua orang dapat melakukannya dengan mudah jika tidak punya rasa kesabaran serta ketelatenan tinggi. Seperti kegiatan praktik mahasiswa di kampus akapar majapahit yaitu belajar mengukir buah dan sayur bersama Chef Rabbani yaitu founder komunitas Indonesia fruit carving (IFC).





Para mahasiswa Akpar Majapahit ini, patiseri advance khususnya, diberikan teknik dasar fruit and vegetable carving agar dapat pengalaman baru dan menambah kreatifitas dalam diri mereka. “dalam pembuatan fruit carving ini dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran tinggi karena tiap ukiran pada buah akan muncul akan berukuran tidak sama sehingga menjadi sebuah karya yang hidup” terang Chef Rabbani.





Tidak semua buah dan sayuran bisa dijadikan media carving, melainkan ada beberapa kriteria yang wajib ada dalam aneka buah dan sayuran tersebut. Seperti bertekstur yang tidak begitu keras dan lembek karena akan mempengaruhi hasil ukirannya. 






Kemudian Chef Rabbani memberikan beberapa tektik carving kepada mahasiswa patiseri advance yaitu membuat mawar, lotus, wajah hingga logo Kampus. Lewat tangan terampil mereka dapat mengerjakan dengan mudahnya meskipun terkadang suara keluhan mereka terdengar. Tetapi lambat laun mereka menjadi lihai dan lincah membuat carvingan tersebut.
Buah semangka merah sering sekali dijadikan media fruit carving oleh mereka. Selain memiliki warna yang bagus, tekstur semangka sangat pas saat diukir. 







Dan hasil kerja keras membimbing mereka pun tak sia-sia karena fruit carving mereka bagus dan rapih. Corak yang diukir terlihat epic dan jelas, hampir sama dengan karya dari Chef Rabbani. *Selv

Komentar