Menghias Cake Dengan Teknik Brush Embroidery Dan Buttercream Transfer


Menghias Cake Dengan Teknik Brush Embroidery Dan Buttercream Transfer



 

Belajar menghias cake, memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang cukup tinggi, apalagi jika seseorang tersebut tidak mengetahui teknik dasarnya, akan sangat sulit mengkreasikan teknik dasarnya. Cara menghias cake pun akan selalu diperbaharui oleh sang ahlinya untuk meningkatkan produk jualnya selalu up to date.





Salah satunya teknik Brush Embroidery dan Buttercream Transfer yang masih jarang ditemui oleh orang awam. Bukan karena mahal atau jarang ditemui bahan yang dipergunakan, akan tetapi teknik ini cukup rumit diaplikasikan.
Dan kemarin, Senin pagi (10/1), mahasiswa Trestelle Manyar, Surabaya sedang mempraktikkan dua teknik Cake Decoration tersebut. Chef Upi, dosen Pastry Trestelle, menjelaskan trik dan tips agar mudah mengaplikasikan teknik ini. Dalam satu kelas, tiap mahasiswa akan menggarap satu cake dan dihias dengan teknik itu. 









Lalu cake polos yang sudah dibuat dan kondisi suhunya sudah dingin, mereka lapisi dengan Buttercream. Mahasiswa yang kebagian Buttercrean Transfer, mereka segera menyiapkan contoh gambar yang dilapisi mika plastik. Kemudian buttercream yang diberi pewarna disemprotkan di atas gambarnya hinggacorak terbentuk. Step terakhir, disimpan dalam cheeler hingga mengeras dan ditempelkan pada cakenya.







Sedangkan Brush Embroidery, teknik nya sangat berbeda dengan Buttercream Transfer. Mahasiswa bernama  Siska, ia menggunakan bantuan kuas kecil untuk memberikan efek hidup dari corak pada cakenya. Cake yang tadinya polos, langsung berubah menjadi indah penuh bunga berwarna putih dan hijau.
“ayo, segera selesaikan cake nya dengan cepat. Waktu kalian tinggal sedikit loh!” teriak Chef Upi pada mahasiswanya untuk segera menyelesaikannya. Gerakan tangan mereka pun langsung cepat karena sudah diburu oleh waktu. 








Tak lama kemudian, cake mereka terselesaikan lalu diletakkan di meja dosen pengajar untuk mendapatkan evaluasi hasil praktiknya. *Slv

Komentar