Kreasi Mirror Glaze Cake Oleh Mahasiswa Pastry Manyar

Kreasi Mirror Glaze Cake Oleh Mahasiswa Pastry Manyar



 

Perkuliahan para mahasiswa Trestelle Manyar, Surabaya, saat ini telah memasuki pembelajaran tentang Entremets Cake. Entremets Cake ialah Cake yang terdiri dari beberapa lapisan yang unik. Tiap lapisannya, memiliki tekstur yang berbeda satu sama lain seperti lapisan  creamy, crunchy dan wobbly





 Pada hari Rabu pagi, 25 Februari 2020 lalu,  di kampus Trestelle Manyar, sedang mempraktikkannya. Ultimat Banana Cake, resep Entremets Cake dari Trestelle ini dibuat mereka dalam kurun waktu 3 jam. Dengan waktu yang cukup singkat tersebut, mahasiswa Pastry harus pintar mengatur waktu. Karena membuat produk entremets cukup sulit.







Tahapan pertama, mereka dengan cepat membuat cake dasar berjenis sponge cake kemudian menunggu suhu cake menjadi suhu ruang. Karena sistem praktik mereka secara individu, kinerja masing-masing mahasiswa akan sangat terlihat perbedaanya. Sehingga dosen pengajar, Chef Renni, bisa menilai seberapa kemampuan mereka.












Disamping itu, tiap mahasiswa membuat adonan Mousse yang rasanya unik yakni rasa pisang. Pada resep Mousse ditambahkan pula buah pisang segar yang dijadikan puree. Dengan teknik yang sudah diajarkan, lalu disusunlah cake dan mousse secara berselang seling kemudian disiram dengan adonan Glaze yang mengandung gelatin. Glaze berwarna kuning tersebut menutupi seluruh permukaanya secara otomatis.









Tidak hanya membuat Entremets Cake saja, Chef Renni memberikan satu produk unik lainnya, Rainbow Puzzle Drip Cake.  Grace, mahasiswa yang mendapati membuat cake ini membagi adonan cake nya menjadi beberapa bagian dan diberi warna seperti pelangi. Cake yang sudah matang, kemudian dibentuk seperti cincin dengan menggunakan ring cutter oleh Grace. Disusun secara acak, lalu dioles buttercream hingga rata.










Semua produk karya mereka dikumpulkan menjadi satu secara rapih dimeja dosen. Berada di depan mahasiswanya, Bu Renni berbicara tentang hasil masing-masing produk mereka.*Slv    

Komentar