Kreasi Chiffon Cake: Membuat Pandan Dan Zebra Chiffon Cake

Kreasi Chiffon Cake: Membuat Pandan Dan Zebra Chiffon Cake 






Kamis (31/1) lalu, saat nya mahasiswa Trestelle Manyar, Surabaya, mengkreasikan Chiffon Cake. Cake yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, baking powder dan minyak ini memang menggunakan bahan yang sama seperti cake lainnya.






Akan tetapi dalam proses teknik pembuatannya, amatlah berbeda dengan jenis cake lainnya. Chiffon, saat pengocokan telur harus secara terpisah karena tekstur yang dihasilkan akan empuk dan lentur. 
Dengan pengajaran bersama Chef Renni, Chef Pastry Trestelle, para mahasiswa akan dibimbing hingga cake jadi dan sukses nantinya. “saat mengocok putih telur, kalian harus menggunakan bowl yang benar-benar bersih. Apalagi dari minyak, Karena bisa-bisa  putih telur tidka akan mengembang” jelas dosen berhijab ini. 





Setelah mendengarkan dan menulis pennjelasan dari dosen, mereka lagsung mengambil bahan dan menimbangnya. Diteruskan dengan mengocok adonan yang terderi dari kuning telur, tepung terigu, minyak  dan baking powder hingga tercampur rata. 








Salah satu mahasiswa bernama Ritchi, membuat pandan Chiffon Cake dengan mudahnya. Seperti saat mengocok putih telur hingga soft peak atau bisa disebut juga tahap puncak tumpul ia langsung mengambil sedikit adonan kuning telur untuk mempermudah pencampurannya.







Lalu ia menuangkan adonan kedalam loyang Chiffon yang berbentuk loyang tulban. Hanya saja loyang yang digunakannya merupakan loyang bongkar pasang, sehingga mudah mengeluarkan cakenya. Selain Pandan Chiffon Cake, kelas ini membuat Zebra Chiffon cake yang memiliki dua warna dalam satu loyang.









Tahap terakhir, mereka memasukannya kedalam oven pemanggang dengan menggunakan suhu 180oC selama 45 menit hingga matang yang berwarna kecokelatan. 













Selagi menunggu cake matang, tiap mahasiswa menyiapkan sebuah piring yang dihias oleh buah segar dan selai. Ada juga yang ingin menghiasnya langsung diatas cakenya dan memotong beberapa slice untuk tahu tekstur dan warnanya. *Slv

Komentar