Cooking Demo: Rollcake Kukus Kekinian, Hasil Kreasi Chef Vivi


Cooking Demo: Rollcake Kukus Kekinian, Hasil Kreasi
Chef Vivi




Dalam pembelajaran di kampus Trestelle Manyar selalu menyajikan materi yang baru, khususnya di Cooking Demonya. Setiap kelas mahasiswa nya akan diberikan resep dari produk pastry & bakery yang sedang happening. Dari kreasi salah satu Dosen Pastry, Chef Vivi yang selalu bikin mahasiswanya ‘ngiler’ duluan sebelum produknya jadi.
Dosen kelahiran Surabaya ini mengkreasikan resep Roll Cake kukus yang kekinian dan lezat. Milo Pandan Roll Cake, sebutan dari produk kreasinya ini akan dibuat juga oleh mahasiswa pastrynya langsung (30/1). Meskipun disebut Cooking Demo, para mahasiswa tetap bisa mempraktikan secara langsung cakenya hingga produk jadi.








Dimulai dari proses penimbangan bahan, Chef Vivi membimbing mereka untuk cermat dalam hal pengukuran bahan. Kemudian mahasiswa lainnya mengocok adonan cake seperti membuat sponge cake. kemudian adonan cakenya diberikan sedikit pasta pandan, lalu dicetak dalam loyang persegi panjang dengan tinggi 3 cm. 





Lalu dikukus dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 25 menit hingga matang. Sementara itu, para mahasiswa mempersiapkan untuk membuat bahan olesan yang memiliki rasa yang sangat disukai oleh mereka yakni cream rasa cokelat milo.
Bukan sekedar perasa, akan tetapi Chef Vivi memberikan nya dengan menambahkan susu milo ke dalam whipe cream yang sudah dikocok. Seketika aroma susu khasnya keluar saat proses pencampuran terjadi dan Tampilan krimnya pun begitu menggoda, cokelat dan creamy.






Kemudian cake pandan yang sudah matang lalu diolesi dengan krim cokelat hingga merata. Salah satu mahasiswa pun mencoba menggulung cake nya hingga padat dan dioleskan kembali dengan krimnya hingga merata. 







Dan Chef Vivi memberikan satu teknik mudah untuk memberikan taburan pada Roll Cake. Yaitu dengan menaburi kertas roti dahulu dengan meises lalu meletakkan Roll Cake beroleskan krim di atasnya sambil digulung-gulungkan hingga permukaan cake rata. 






Setelah itu, mereka memplattingnya dengan kreasinya, tak lupa milo pandan roll cake dicicipi dahulu. "hmmmm, rasa krimnya seperti ice cream ya Chef" celetuk salah satu mahasiswa pastry kepada dosennya*Slv

Komentar