Canape Dan Tortilla, Hidangan Selingan Yang Mudah Dibuat


Canape Dan Tortilla, Hidangan Selingan Yang Mudah Dibuat






Canape dan Tortilla merupakan hidangan gurih western yang cukup populer di Indonesia. Biasanya dihidangkan disaat selingan waktu antara sarapan dan makan siang (brunch), ataupun sebagai teman santai saat nonton tivi. kedua hidangan ini bisa saja dibuat sendiri dir umah karna mudah untuk dibuat. 






Di kelas mahasiswa Cruise Tristar kemarin (7/2), mereka mempraktikkan kedua produk Tersebut, Canape dan Tortilla. Dosen pengajar, Chef Yenata, mengajarkan bagaimana membuat kulit Tortilla sendiri. Terdiri dari tepung tetrigu, minyak, garam, sedikit pengembang dan air, mereka uleni seperti saat membuat adonan roti hingga kalis. Kemudian didiamkan beberapa saat sambil ditutupi dengan plastik ataupun kain bersih.
Lalu Tortilla yang akan mereka buat ini akan diisi dengan isian potongan ayam yang sudah berbumbu dan dimasak. Yang membuat unik, Tortilla diolesi dengan saus yang tetrbuat dari buah alpukat yaitu guacamole. Saus nan sederhana namun membuat si Tortilla menjadi memiliki rasa yang unik dan kaya. 










Sebelum Tortilla dibuat oleh para mahasiswa, Chef Yenata mencoba mempraktikkannya terlebih dahulu. “wajan yang akan digunakan untuk memanggang Tortilla, harus sudah dalam keadaan panas. Sehingga warna Tortilla bisa bagus” terang Chef Yenata. Dilanjutkan dengan memberikan olesan dan topping di atasnya langsung, kemudian dilipat perlahan. Setelah melihat prosesnya, mereka bergegas mempraktikkanya sendiri.













Dari mahasiswa yang mempraktikkan Tortilla isi, mahasiswa lainnya juga  membuat canape topping. Vero, salah satu mahasiswa yang kebagian membuat Canape ini, membentuknya seperti segitiga. Dipanggang sebentar di atas wajan hingga berwarna kecokelatan kemudian ditambahkan kan dengan isian, keju, paprika dan saus. 










“ayo yang sudah selesai, langsung dikumpulkan di meja depan ya. Waktunya sudah habis, produk kalian sudah harus selesai” suara lantang Chef Yenata kepada mahasiswanya. Tak lama kemudian, ia mencicipi satu persatu produk mahasiswanya serta mengevaluasi saat itu juga. *Slv

Komentar