Cake Hias Bunga Butter Cream Karya Mahasiswa Pastry


Cake Hias Bunga Butter Cream Karya Mahasiswa Pastry
 

 

Setelah mempelajari Cake Deco Basic, yakni cake dengan macam-macam teknik spuit, Kini Jumat siang (7/1) kemarin, para mahasiswa pastry memasuki tahap pembelajaran teknik menghias cake dengan butter    cream lainnya.




Saat itu, Chef Renni, dosen pengajar Pastry Trestelle, mengajarkan hiasan cake yang berbentuk aneka bunga, seperti rose dan scabiosa. Mereka, mahasiswa pastry sudah mempersiapkan alat bantu Untuk membuat hiasan cakenya.








Begitu waktu praktik dimulai, masing-maisng mahasiswa langsung mengambil bahan dan alatnya. Terlihat mereka begitu serius menggarap adonan cake nya dengan menggunakan mikser hingga mengembang. Dan mereka pun sepakat memberikan perasa stroberi pada adonan cakenya. 





Kemudian dituang ke dalam cetakan bulat berdiamter 18 cm dan dipanggang selama 30 menit hingga matang. “kalau kalian bingung cake itu matang atau tidaknya setelah dioven, tinggal ditusuk saja dengan tusuk sate. Jika masih ada adonan yang menempel di tusukan, maka cake belum matang” jelas Chef Renni kepada mahasiswanya. 








Setelah itu, Chef Renni mempraktikkan cara membuat sebuah mawar merekah dengan menggunakan spuit mawar. Lalu giliran mahasiswamengaplikasikannya untuk menghias masing-masing cake. Perlahan-lahan, mereka membentuk tiap kelopak mawar hingga berbentuk. Tidak hanya satu, mereka harus membuat beberapa bunga sehingga nanti bisa dirangkai di atas cake.







Agar mudah merangkai bunga dari buttercream tersebut, bunga butter cream disimpan dahulu dalam lemari pendingin. Jika sudah mengeras, bunga dengan mudah diletakan dan dirangkai meskipun menggunakan tangan. 









Cake yang selesai dihias, di letakan di depan meja penilaian kemudian bisa difoto bersama. Dari kejauhan pun sudah terlihat begitu cantik dan penuh warna. Jerih payah mereka selama berjam-jam itu, membuahkan hasil karena semua produk yang dibuat. *Slv  

Komentar