Barisan Cake Berhias Butter Cream Yang Cantik


Barisan Cake Berhias Butter Cream Yang Cantik





Jumat (4/2) kemarin, kelas Pastry Trestelle Manyar, sedang mempelajari bagaimana menghias cake. dalam semester ganjil ini terdapat materi cake decoration dengan berbagai bahan dan tekniknya dari sang dosen pengajarnya, Chef Upi.





Untuk mengawalinya, 10 mahasiswa Pastry nya diberikan Cake Decoration dengan menggunakan butter cream. Butter cream merupakan jenis krim yang bahan utamanya terdiri atas margarin dan gula kemudian dikocok hingga mengembang dan lembut. Biasanya digunakan sebagai topping sebuah cake maupun cupcake.
Sehingga mereka membuat sendiri butter creamnya, hanya saja resep yang digunakan adalah resep baku dari Trestelle. Jadi, hasil butter cream nya berbeda dari segi rasa dan teksturnya jika dibandingkan dengan produk luar. 







Sebelumnya mereka sudah membuat basic cake berjenis sponge cake namun diberi pasta moka. Serta dipastikan suhu cake dalam keadaan suhu dingin agar ketika dicover oleh butter cream tidak meleleh. 







Salah satu mahasiswanya, Wandoko, menggunakan alat bernama scrapper sebagai pemoles butter cream ke permukaan cakenya. Tanpa perlu lama, seluruh permukaan cake sudah terselimuti butter cream dengan mulusnya. Meskipun ia masih di semester awal perkuliahanya, Wandoko cukup telaten dalam menggarap Cake Decoration ini. 






Lalu dilanjutkan memberikan dekorasi dengan teknik hiasan seperti rose. Perlahan tapi pasti, tampilan cakenya yang pada awalnya polos menjadi cantik. Apalagi ditambahkan pula manisan buah ceri merah dipermukaanya, sehingga tampilan cake menjadi lebih hidup.












Selain Wandoko, dekorasi cake mahasiswa lainnya  juga tak kalah cantik. Ada yang cukup dihias dengan butter cream layaknya sulaman benang wall. Lalu, cake yang selesai dihias, dikumpulkan dimeja penilaian untuk diperlihatkan pada dosen pengajar Chef Upi.*Slv
  

Komentar