3 Jam Membuat Produk Cake Decoration Di Kampus Trestelle

3 Jam Membuat Produk Cake Decoration Di Kampus Trestelle

 

Pada hari Rabu, 19 Januari 2020 kemarin, kampus Trestelle Manyar, Surabaya, membuat aneka cake hias. Tapi kali ini, bukan hanya praktik biasa melainkan mereka mengikuti ujian Praktik Tengah Semester (UTS). 




Tidak boleh meminta bantuan dari teman maupun dosen pengajar, adalah salah satu peraturan wajib ditaati. Mereka harus bisa membuat sendiri cake hias dari kreatifitasnya masing-masing. Dengan begitu, Dosen Pengajar, Chef Upi, mengetahui seberapa kemampuan tiap mahasiswanya.





20 mahasiswa ini menggunakan 4 teknik menghias cake dengan buttercream yaitu Transfer, Brush Embroidery, Flowers dan Dom Cake Decoration. Peralatan yang digunakan nya pun berbeda satu sama lainnya. Gumpaste tools, lazy susan, alas cake, palet, spuit, piping bag dan masih banyak lagi.






Disamping itu, waktu pengerjaan cake hias mereka ini, hanya diberikan 3 jam saja. Tenaga dan mental mereka, diuji oleh Chef Upi dalam praktik ujian tersebut. sehingga saat lulus dari kampus, mereka dapat siap menghadapi kondisi realita nya. 






Salah satunya mahasiswa bernama Elena, ia merasakan sedikit tekanan saat membuat Brush Embroidery Cake Decoration. “duh, waktunya tinggal dikit. Cake ku belum selesai” celetuk mahasiswi berpipi tembem ini. Akan tetapi, pada akhirnya ia bisa merampungkan cake nya dengan tampilan yang cantik pastinya. Cake berlapis fondant hitam dan berlukiskan bunga ini sanggup mencuri perhatian sang Dosen. 














Selain itu, cake-cake lainnya juga diselesaikan dengan baik oleh para mahasiswa pastry ketika waktunya telah habis. Lalu satu per satu, mereka meletakan cake hiasnya di depan meja penilaian untuk segera diberi penilaian kemudian evaluasi produknya.
Ujian praktik yang telah dilalui mereka ini akan kembali mereka rasakan setelah menginjak akhir semester perkuliahan. Pastinya dengan tema ujian yang berbeda dari sebelumnya, tingkat kesulitan akan lebih ditingkatkan pula. *Slv  

Komentar