Thousand Layer Cake, Kue Tradisional Tak Lekang Oleh Waktu


Thousand Layer Cake, Kue Tradisional Tak Lekang Oleh Waktu




Kemarin, Senin pagi (20/1), setelah liburan panjang selama sebulan lamanya, akhirnya mahasiswa Trestelle kembali ke dunia perkuliahanya. untuk mengawali perkuliahanya, mereka mendapati materi  praktik membuat Thousand Layer Cake.





Salah satu jenis kue basah tradisional indoneria ini memang masih banyak pecintanya. Memiliki rasa yang manis nan legit, berlapis-lapis dan bertekstur lembut, thousand layer cake kerap menjadi buah tangan karena kelezatannya tersebut. akan tetapi dibalik semua itu, pembuatan cake ini amatlah rumit.
Namun ditangan Chef Vivi, selaku Dosen Pastry Trestelle, Thousand Layer Cake menjadi mudah. Ia mengajarkan mahasiswanya menggunakan dua teknik pembuatannya. Pertama menggunakan loyang panjang dan dibentuk seperti rollcake.








Awalnya, mahasiswa menimbang bahan-bahannya terlebih dahulu secara akurat agar tidak terjadi kegagalan nantinya. Lalu mempersiapkan bahan isian yakni manisan prune, ceri merah, ceri hijau dan kismis. Kemudian merekapun membuat adonan cake dengan cara dimikser hingga lembut.
Dilanjutkan dengan menuangkannya kedalam loyang panjang, tak lupa mereka meratakan adonannya. Manisan prune yang sudah ditipiskan diletakkan pada permukaannya, barulah dipanggang dalam oven bersuhu tinggi 200oC dan hanya menggunakan api atas saja hingga berwarna kecokelatan dan matang. 






Tahapan terakhir, Chef Vivi menggulungnya seperti rollcake hanya saja gulungannya kali ini lebih banyak Karena adonannya tipis. Sehingga lapisanya terlihat banyak, “setelah digulung, sebaiknya dimasukkan kedalam cheeler agar lebih padat dan gulungan tidkak mudah lepas” jelas Chef Vivi. 









Satu lagi, teknik yang lebih mudah membuat Thousand Layer Cake lainnya yakni menggunakan wajan persegi anti lengket. Tuang adonan beberapa sendok ke dalam wajan lalu diamkan hingga matang dan gulung. Mahasiswa yang mencoba teknik ini begitu senang karena bisa menjadi alternatif jika tidak memiliki oven di rumah. Hasilnya pun tetap bagus dan enak.







Perlu diketahui pula, Thousand Layer Cake juga salah satu cake yang biasanya disajikan saat acara Imlek. Sajian manis ini juga tetap disukai hikngga sekarang meskipun sudah banyak cake moderen yang menjadi saingannya. *Slv

Komentar