Sus Maker Yang Bikin Nagih


Sus Maker Yang Bikin Nagih




Selasa, 28 Januari 2020, salah satu Dosen Trestelle Manyar, Chef Vivi memberikan materi praktik yang menarik. Praktik yang dihadiri 19 mahasiswa ini, berlangsung cukup cepat karena kecekatan tangan mereka. 






Sus Maker, nama produk Pastry yang dibuat, tergolong produk Pastry savoury karena berasa gurih. Memang dari nama nya terdengar seperti kue sus yang diisi dengan fla dan berasa manis tetapi amat sangat berbeda dengan sus maker. Sus Maker adalah sejenis cake gurih dengan isian yang terdiri dari tumisan daging ayam atau sapi yang dicampur dengan wortel, jamur maupun kentang.







Dan mahasiswa Pastry Trestelle ini membuat dengan isian daging ayam, kentang dan wortel didalamnya. Sesaat Chef Vivi memulai waktu mereka untuk memasak, hal pertama yang dilakukan ialah membuat isian nya agar ketika cake diisi sudah dalam keadaan dingin.






Kemudian mereka melanjutkanya dengan membuat adonan cake yang teknik pembuatannya seperti membuat sponge cake. telur, gula dan cake emulsifier dikocok hingga mengembang lalu campuran tepung dimasukan. Setelah itu, mereka menuangkan sedikit adonan ke dalam cupcake case. Dan mengisinya dengan adonan isian, ditutup dengan adonan kembali.






Sebelumnya salah satu mahasiswa kelas ini sudah memanaskan oven pemanggang sehingga ketika sus maker dicetak bisa langsung dimasukan. Terkadang hal sepele seperti memanaskan oven terlebih dahulu sebelum jadi, kerap dilupakan oleh masyarakat umum. Sehingga cake bantat pun tak terelakkan dikarenakan oven tidak panas ketika dimasukkan.





Pembuatan Sus Maker, harus melalui dua kali proses pemanggangan yakni di oven setengah matang kemudian diisi. Selanjutnya dioven kembali hingga matang, teknik dua kali pemanggang bertujuan agar isian tetap diberada ditengah cake.






Alhasil, produk Pastry yang mereka buat berhasil dengan baik dan tidak bantat meskipun melalui dua kali proses pemanggangan. Atas bimbingan dari dosen yang baik dan benar maka produk apapun yang dibuat pasti sukses dibuat. rasanya pun sudah tidak perlu ditanyakan lagi, pastinya enak dan bikin nagih. *Slv

Komentar