Praktik Membuat Aneka Saus Dan Kaldu Bersama Chef Thomas


Praktik Membuat Aneka Saus Dan Kaldu Bersama Chef Thomas




Selasa, 14 Januari ’20 kemarin, para mahasiswa Tristar Cruise untuk pertama kalinya mempraktikkan materi perkuliahannya. aneka kaldu (stock) dan Mother Sauce,Chef Thomas, dosen pengajar Tristar, memberikan triknya kepada mahasiswanya ditahun ketiga ini.





Terdengar ‘gampang’ memang membuat kaldu, tulang dan air direbus beberapa menit saja sudah bisa dijadikan kaldu. Tetapi yang dipraktikkan oleh mereka, tentulah berbeda karena bahan dan teknik yang digunakan tidak seperti pada umumnya.





Diawal kelas, Chef Thomas menerangkan materinya dari bahan , teknik dan suhu yang digunakan tiap prosesnya. Seperti saat proses pembuatan kaldu, mereka menggunakan api sedang saat simmering. Kaldu yang dipraktikkan juga terdapat 2 jenis yakni kaldu putih (white stock ) yang menggunakan tulang ayam dan kaldu cokelat (brown stock) yang menggunakan tulang sapi. 






Selain tulang sebagai bahan pembuatan kaldunya, aneka bahan seperti bawang bombay, seledri, wortel, merica, daun bawang serta bumbu Eropa ditambahkan pula. rasa kaldu pun akan semakin kaya, harum dan gurih dari sayuran dan rempah-rempah tersebut.






Setelah itu, mereka, mahasiswa tristar membuat Mother Sauce atau sauce dasar, bisa digunakan untuk membuat variasi saus. Ada 6 jenis yang dibuat oleh mereka yakni Concasse, Mayonnaise, Vinaigrette, Hollandaise, Demiglace  dan Béchamel. 







Perlahan tapi pasti, tangan terampil mereka membuat aneka saus dengan penuh percaya diri hingga dapat menyelesaikannya. Namun ada 2 saus yang dibuat langsung oleh sang Dosen, Demiglace dan Hollandaise Karena proses pembuatannya cukup rumit. 






Disamping itu, hasil dari para mahasiswa diletakkan dalam sebuah nampan stainless steal untuk diperlihatkan ke Chef Thomas. “sekarang kalian coba saus yang telah kalian buat termasuk hasil teman kalian” kata Chef Thomas. Satu persatu mereka salig mencicipi dan memberikan penilaian dari saus buatan teman praktik lainnya. 















Lalu barulah Chef Thomas mencicipi dan memberikan penilaian apakah saus yang dibuat sesuai standart atau tidak. Hasilnya pun cukup baik bagi Chef Thomas, mungkin beberapa saus ada yang masih kurang dalam teksturnya saja. *Slv

Komentar