Membuat 3 Jenis Sabun Rumahan Di Tristar Class Soap Making


Membuat 3 Jenis Sabun Rumahan Di Tristar Class Soap Making





Fungsi sabun mandi, kini sudah tidak hanya menjadi bahan untuk membersihkan tubuh saja. Melainkan bisa dijadikan pajangan rumah hingga souvenir sebuah acara seperti pernikahan. Apalagi bentuk sabun yang ada dipasaran juga berbentuk unik dan lucu.





Tak jarang pula, masyarakat mencoba membuat sabun sendiri ala rumahan dengan bahan yang lebih sehat tentunya. Di Tristar Kursus Home Industry, juga mengajarkan pesertanya untuk bisa membuat sabun mandi dipelatihannya. Seperti yang diadakan kemarin, Sabtu pagi di Graha Akpar Majapahit (11/1).





Disana, peserta kursus diajarkan beberapa jenis sabun mandi dengan metode dan bahan yang berbeda satu sama lain. Sabun Transparan, Sabun Proses Panas dan Sabun Proses Dingin, ketiganya dipraktikkan satu persatu secara detail oleh instruktur profesional dibidangnya, ibu Eni. 






Peserta yang mengikuti kelas ini ada yang datang jauh-jauh dari Jakarta untuk mencoba membuat sabun ini. Ibu Tata, ia ingin mengetahui cara membuat sabun ala rumahan sehingga bisa dijadikan bingkisan ataupun souvenir jika terdapat acara dikeluarganya.







Saat ibu Eni mempraktikkan sabunnya, tidak lupa semua peserta diharuskan memakai masker dan hand gloves agar aman. Diawal praktik, mereka diajarkan membuat Sabun Transparan yang dicetak dengan cetakan silicon berbentuk mawar. 

















Bahan baku sabun dipanaskan dengan menggunakan panci khusus beserta bahan lainnya hingga cair dan larut. Tidak lupa pengaturan suhu sangat diperukan dalam proses pembuatan sabun. “membuat sabun ini gampang-gampang susah, karena jika suhu tidak tepat maka sabun tidak akan jadi” ungkap ibu Eni. 







Sabun transparan didiamkan selama ±3 jam lamanya hingga sabun padat. Proses pembuatan sabun ini hampir sama dengan jenis sabun proses panas, hanya saja bahan dan tampilan sabun berbeda karena sabun proses panas tidak transparan melainkan seperti susu. 







Dari ketiga sabun ini. Sabun proses dingin lah yang tidak menggunakan proses pemanasan sama sekali. hanya dengan cara dikocok dengan mikser hingga mengental kemudian dicetak dalam cetakan berbahan plastik saja. Namun proses pemadatan sabun dingin cukup membutuhkan waktu yang lama, yakni sehari semalam. 






Selain ketiga sabun tersebut, masih ada kreasi sabun lainnya yang bisa diajarkan di Tristar Kursus Home Industry. Seperti mengkreasikan kembali sabun menjadi bentuk 3D ataupun lainnya. *Slv

Komentar