Tiga Variasi Sweet Pie


Tiga Variasi Sweet Pie




Beberapa hari yang lalu (3/12), para mahasiswa Pastry belajar mengkreasikan Pie di Tristar Institute Manyar, Surabaya. Pie sendiri merupakan produk Pastry yang termasuk dalam kategori Shortcrust Pastry. Adonan yang terdiri dari tepung terigu, lemak dan kuning telur, kemudian dicampur menjadi satu dengan menggunakan 2 mata pisau atau spatula hingga adonan memasir. 







20 mahasiswa yang sudah mempersiapkan bahan-bahanya, kemudian membuat adonan dasar terlebih dahulu. Dan produk Pie yang akan dibuat ini termasuk Sweet Pie karena menggunakan isian berasa manis seperti buah-buahan dan  adonan cake di dalamnya.










Mereka, mahasiswa pastry membuat 3 resep Sweet Pie yakni Apple Pie, Pineapple Pie with Almond Cream dan Pineapple Raisin Pie. Tiap mahasiswa pun berusaha membuat adonan Pie yang bagus. Mencampur semua bahan lalu mengaduknya hingga tercampur, lalu diamkan beberapa saat serta menutupinya dengan plastik wrap





Sambil menunggu adonan kulit Pie, mereka menyiapkan isiannya. Memotong-motong buah segar lalu mereka masak dengan menambahkan gula dan sedikit butter. Saat proses membuat isian tersebut, mereka tidak lupa menambahkan sedikit kayu manis sebagai aroma khasnya. 







Kemudian adonan pie yang sudah dicetak dalam cetakan Pie, ditusuk-tusuk dengan garpu guna kulit matang merata nantinya. Lalu isian yang sudah jadi tadi dituang hingga penuh, dilanjutkan memberikan adonan yang sudah ditipiskan sebagai penutup pie pada resep Apple Pie dan Pineapple Raisin Pie.










Supaya lebih cantik lagi, Chef Ita menyarankan untuk menambahkan adonan Pie yang dicetak berbentuk bunga disekitar permukaannya. Tahapan yang terakhir, semua Pie dipanggang dalam oven hingga berwarna kuning kecokelatan.
Materi yang dipelajari ini akan berlanjut dengan tema yang sama untuk esoknya yaitu materi Pie. Akan tetapi, yang dipraktikan akan berbeda karena mereka akan mempelajari kreasi Pie yang berasa gurih. dari segi bahan dan tampilan akan dibedakan satu sama lainnya. sehingga mereka dapat menegtahui perbedaan dari kedua jenis Pie ini. *Slv

Komentar