Reka Rasa Mini Tartlet


Reka Rasa Mini Tartlet




9 Desember 2019 lalu, kampus Trestelle Academia Pasticceria Manyar, Surabaya, telah mempraktikkan Aneka Mini Tartlet. Sebelumnya mereka juga mempraktikkan resep tartlet namun kali ini mereka membuat Tartlet yang berbeda.
Egg Tartlet, Chocolate Tartlet dan Lemon Tartlet, tiga resep tarlet ini memiliki kekhasannya tersendiri. Pada awalnya, mahasiswa semester 3 ini membuat adonna kulit Tartlet seperti biasanya, Yakni mencampur semua bahan lalu mengaduknya hingga memasir dan didiamkan beberapa saat.





Lalu adonan dicetak dengan menggunakan beberapa bentuk cetakan Tartlet. Berbeda dari sebelumnya, kulit ketiga Tartlet ini dipanggang terlebih dahulu hingga matang. sementara itu, para mahasiswa menyiapkan dan membuatkan adonan isiannya. 






Dari ketiga Tartlet tersebut, ada satu Tartlet yang bentuknya cukup unik karena berbentuk setengah ligkaran. Kulitnya berasa cokelat kemudian diisi dengan cokelat ganache lalu ditangkupkan seperti biskuit. Ditambah lagi diberikan whip cream disela-sela Tartletnya.













Ada juga lemon tartlet yang dihias dengan whip cream berbentuk bunga mawar dan diberi efek bakar dengan menggunakan torch. Navi, mahasiswa yang membuat lemon Tartlet ini secara berhati-hati agar tidak terlalu dekat dan menjadikanya gosong.











 Lalu semua produk Tartlet yang sudah dhiaspun ditata dalam piring saji. Tampilan ala hotelpun tak luput dari pandangan, ada yang diberi cokelat masak pekat, manisan ceri merah, selai buah, crumble hingga irisan buah stroberi.
Materi Tartlet yang dipraktekan mahasiswa Pastry di kampus Trestelle ini, akan mereka dapatkan Selama satu minggu lamanya. Tiap harinya akan disodorkan resep yang berbeda pastinya, agar para mahasiswa mengetahui jenis dan macam Tartlet. Dan tiap perkuliahannya akan sama perlakuanya, meskipun materinya berbeda. *Slv

Komentar