Mudahnya Membuat Chocolate Truffle ala Trestelle


Mudahnya Membuat Chocolate Truffle ala Trestelle




Truffle atau kreasi dari cokelat yang dicampurkan dengan beberapa komponen lain seperti kacang-kacangan, buah kering dan bahan lainnya, berukuran kecil, bulat dan identik dengan suatu perayaan (Valentine Day). Sajian manis ini komponen utamanya adalah cokelat masak. 





Cara membuatnya bisa dilakukan di rumah, Karena tidak perlu menggunakan peralatan khusus. Seperti materi perkuliahan yang sedang diajarkan di Trestelle, Manyar, Surabaya (11/12). Mahasiswa Pastry semester 3 ini membuat 3 macam Truffle dengan menggunakan white chocolate compound.
Chef Ita sempat memberikan pengetahuan tentang trik melelehkan cokelat sebelummahasiswanya praktek. “jadi waktu ngelelehin cokelat, tunggu air mendidih dulu. Lalu matikan api, barulah kom berisikan serutan cokelat diletakkan di atas air mendidih tersebut sambil diaduk-aduk” terang Chef Ita.





Tropical Truffle, Pinacolada Truffle dan Cherry Blossom sama-sama menggunakan teknik pembuatan yang sama persis. Cokelat yang sudah dilelehkan dicampur dengan semua bahan yang sudah disiapkan. Lalu didiamkan sebentar agar tekstur campuran cokelat tidak terlalu cair dan bisa dipulung. 





Saat tahapan inilah mereka harus bisa mengira-ngira tekstur yang tepat. “white chocolate itu tidak mengandung pasta cocoa sama sekali. saat cokelat dilelehkan, api tidak boleh besar karena akan merusak cokelat tersebut” terang salah satu Chef Pastry, Chef Ita. 








Setelah campuran cokelat dipulung dan dibulatkan, Raisa, mahasiswa berhijab ini, mencelupkannya ke dalam lelehan white chocolate hingga rata. Ia pun berlanjut menggulingkan bola-bola cokelat di atas dry coconut.







 
Mahasiswa lainnpun melakukan hal yang sama,  hingga adonan cokelatnya habis. Chef Ita pun menginginkan mereka untuk menata Truffle nya dipiring saji secara cantik. Coretan selai blueberry dan strawberry pun tag luput dari pandangan dari piring saji mereka. daun mint segar juga ‘ikut serta’ dalam penataanya, tampilan Truffle menjadi cantik dan menarik tentunya. *Slv

Komentar