Mahasiswa Praktik Membuat Praline Aneka Isi


Mahasiswa Praktik Membuat Praline Aneka Isi




17 Desember 2019 lalu, Trestelle Accademia Pasticceria Manyar, Surabaya, sedang mempraktkkan aneka Praline. Dalam dua minggu ini, mereka memang dijadwalkan untuk mengenal cokelat serta cara perlakuan tiap jenisnya hingga membuat olahan cokelat tersebut. 






Awalnya, Chef Ita menjelaskan materinya tentang cokelat secara perlahan agar mahasiswa memahaminya. Lalu penjelasan resep yang akan dipraktikan juga dijelaskan pula tahapan apa saja yang akan dilakukan mereka. tidak hanya mendengarkan saja, mahasiswa trestelle mencatat pula semua omongan dari Chef Ita tadi.
Di kampus Trestelle ini, setiap praktik, mahasiswa akan bertanggung jawab atas produk buatannya sendiri. Karena sistem pembelajaran di kampus ini one stove one student, sehingga mereka akan mengerjakannya secara individual. Sistem tersebut juga bertujuan agar mahasiswa lebih mandiri, mengerti dan dosen dapat mengetahui seberapa kompeten mahasiswanya.







Praktik Praline yang Dikerjakan selama 3 jam lamanya ini, menggunakan tiga macam cokelat yakni, Milk Chocolate, White Chocolate dan Dark Chocolate Compound. dan mereka tidak lupa menyiapkan cetakan khusus praline. Cetakan yang berbahan dasar silicon, dijadikan salah satu pilihan mereka karena praline akan mudah dikeluarkan. 









Karena praline merupakan cokelat yang diberi isian, para mahasiswa membuat bermacam-macam isian untuk produknya. Ada yang menggunakan whipe cream, ganache green tea dan cashew nut. Dari semua Praline, ada satu yang unik, Chef Ita memberikan resep Praline yang menggunakan manisan kurma yang diberi isi cashew nut.  Rastra, salah satu mahasiswa Trestelle yang kebagian untuk membuat Dates Cashew Nut. ia memberikan corak putih dari cokelat masak putih. Dan tampilan praline nya pun menjadi lebih menawan. 








Sedangkan hasil praktik mahasiswa lainnya juga tak kalah bagus. Ada yang dibuat seperti cone es krim, cup chocolate yang berisikan krim dan biscuit dan praline ala cakeshop. *Slv

Komentar