Praktek Indonesian Street Food Di Kampus Kuliner Surabaya


Praktek Indonesian Street Food Di Kampus Kuliner Surabaya



 

Kebanyakan jajanan jalanan Indonesia (Indonesian street food) dijual dengan harga yang murah. Namun jangan salah, meskipun dibandrol dengan harga murah, kebanyakan rasa Indonesian street food begitu nikmat. Sehingga tak jarang di semua kalangan menyukai Indonesian street food , termasuk warga asing yang sedang berkunjung. 





Sempol salah satunya, jajanan asal malang yang sedang naik daun ini bisa ditemukan hampir disemua daerah Indonesia. Jumat (16/11), mahasiswa Pastry juga sedang mempelajari Indonesian street food di kampus Trestelle Accademia Pasticceria. 









Biasanya sempol terbuat dari cincangan daging ayam berbeda lagi dengan Sempol ala Chef Pastry, Chef Vivi. Ia menggunakan dua bahan utama yakni ayam dan udang yang kemudian ditambahan racikan bumbu lainnya. 20 mahasiswa Pastry juga diberikan tugas untuk membuatnya.











Pada awalnya, salah satu mahasiswa memotong bawang merah dan putih untuk digoreng sebagai bumbu sedapnya. Lalu mahasiswa lainnya memotong daging ayam dan memasukannya kedalam Food Processor beserta udang hingga halus. Campuran daging ayam kemudian dicampur dengan bawang goreng dan sisabahan lainnya seperti tepung, daun bawang,bawang goreng, telur dan seasoning. Merekapun dipandu oleh Chef Vivi agar dapat mengetahui step by step membuatnya.








Setelah adonan jadi, semua mahasiswa membawa stick untuk membentuk adonan seperti drum stick. Tangan mereka dilumuri sedikit tepung agar adonan tidak mudah lengket dan terbentuk rapih. Kemudian sempol direbus hingga matang dan digoreng dalam minyak banyak.






Warna kuning keemasan dan aroma gurihnya begitu menggoda, dengan tekstur yang kenyal namun lembut saat digigit. Sempol ayam udang ini juga disajikan pula dengan saus 'cocolan' nya, yang pastinya dibuat oleh mahasiswa Pastry ini.





Praktik yang dilakukan 3 kali dalam seminggu seperti ini bertujuan untuk lebih mengenal kreasi hingga variasi dari Pastry & Bakery di kampus kuliner Trestelle. Mahasiswa pun akan lebih terlatih dan cepat berimajinasi untuk menciptakan suatu produk Pastry & Bakery. *Slv

Komentar