Besarnya Peluang Usaha Minuma Dalam Kemasan

Besarnya Peluang Usaha Minuma Dalam Kemasan



 

Tidak dipungkiri lagi, usaha minuman dalam kemasan memang sangat berpeluang besar di dunia kuliner. Selain konsumen menyukai produk yang praktis dan bisa dibawa kemana saja, minuman dalam kemasan ini menguntungkan karena bermodal sedikit. 





Minuman dalam kemasan tersebut juga dipraktikkan dalam pembelajaran Teknologi Pangan di kampus Trestelle Accademia Pasticceria. Pembelajaran materi ini masih berskala rumahan sehingga peralatan yang digunakan bisa ditemui di dapur rumah masing-masing.
Kemudian Chef Rachma, dosen pengajar Teknologi Pangan, memulai mempraktikkan pencampuran bahan kering dan cairan sesuai takaran. Kali ini minuman yang dibuat berasa mangga dan dikemas dalam dua macam kemasan, botol dan cup. Cooking demo yang dilakukan oleh 20 mahasiswa Pastry, berlangsung cukup cepat karena teknik pembuatan minuman rasa buah cukup melalui proses perebusan saja.





Lalu cairan minuman tersebut didiamkan terlebih dahulu hingga suhu panas menurun, barulah dikemas. Karena kemasan yang digunakan berbahan plastik, menjadi salah satu alasan rebusan minuman didiamkan dahulu. Mahasiswa yang kebagian menuangkan cairan minuman kedalam kemasan botol tidak lupa segera menutupnya dengan penutupnya agar bakteri tidak masuk.





Sedangkan mahasiswa yang menggunakan kemasan cup,bisa menggunakan mesin penutup gelas (cup sealer). Dalam penggunaanya, harus hati-hati karena ada bagian mesin cup sealer yang menghantarkan panas saat menutup. Chef Rachma pun sempat memberikan contoh bagaimana cara mengaplikasikannya.






Dalam perkuliahan materi Teknologi Pangan, selalu bertujuan untuk dapat membuat makanan ataupun minuman yang daya penyimpanannya cukup lama. dan produk minuman dalam kemasan salah satu produk yang diajarkan kepada mahasiswa Trestelle Accademia Pasticceria.
Produk lain serta variasinya tetap akan diberikan pada tahapan perkuliahan selanjutnya. Dengan begitu, mahasiswa jebolan kampus kuliner ini tidak hanya pintar dalam pengolahan makanan saja. Namun bisa juga membuat produk jual yang baik tampil moderen. *Slv

Komentar