Belajar Membuat Keripik Bayam Renyah Dan Mudah


Belajar Membuat Keripik Bayam Renyah Dan Mudah





Kamis, 28 November 2019, kampus Trestelle Accademia Pasticceria, Manyar, Surabaya, sedang mempraktikan materi cara membuat keripik. 20 mahasiswa Pastry semester 3 ini diberikan salah satu perkuliahan Teknologi Pangan dari Dosen Chef Rachma.
Keripik yang akan dibuat adalah Keripik Bayam, keripik yang terbuat dari bayam berjenis Bayam Gajah ini sering kita jumpai di Toko oleh-oleh, khususnya Pulau Jawa. Chef Rachma awalnya menjelaskan tentang pengetahuan bahan kepada mahasiswanya. 






Kemudian bayam segar yang diletakkan dimeja segera dipetik satu persatu oleh mereka. tapi tidak asal petik, karena yang dipilih adalah bayam yang berukuran besar saja. Oceana, Carolin dan Wandoko, mereka dengan cermat memilah daun bayam yang bagus dan tidak bolong. Disamping itu, Chef Rachma selalu mengawasi kinerja masing-masing mahasiswanya. 







Sedangkan mahasiswa lainnya mempersiapkan adonan pencelup yang berkomposisi dari tepung tepung tapioka, tepung beras, tepung krispi, bawang putih, seasoning dan cairan. Diaduk menjadi satu hingga kekentalannya sesuai dan rata tanpa ada gumpalan sama sekali. mahasiswa yang bernama Clarissa pun mencoba untuk mencelupkan bayam ke dalam adonan untuk digoreng.







Dibantu dengan teman sekelasnya dengan membolak-balikkan Keripik Bayam agar tidak gosong. Ketika keripik sudah benar-benar kering, barulah bisa diangkat dan ditiriskan di atas kertas merang. Kertas merang ini merupakan kertas berwarna cokelat yang digunakan untuk menyerap minyak pada gorengan. Selain kertas merang, ada alat peniris minyak yang mampu mengeluarkan minyak dari Keripik dengan cepat yakni Spinner






Keripik Bayam ala Trestelle Accademia Pasticceria ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama selama 1 bulan. Dan kelas berakhir dengan mencoba memakan keripik bayam yang sudah matang. menurut mereka, keripik ini teksturnya lebih kerispi dibandingkan Keripik Bayam yang dijual pada umumnya.
Salah satu mahasiswa pun sempat memberikan kesan setelah mempraktikkan materinya. “Setelah mempraktikkan membuat keripik bayam ini, saya menjadi tahu kalau resep dan cara membuat keripik itu seperti ini. Dan saya juga termasuk pecinta keripik, jadinyasaya senang bisa mendapatkan pengalaman baru ini” celetuk Clarissa. *Slv

Komentar