Tiga Produk Basic Pastry Dengan Kulit Berlapis Banyak


Tiga Produk Basic Pastry Dengan Kulit Berlapis Banyak




Puff Pastry, Dannish dan Croissant adalah produk Pastry yang memiliki ciri khas yang berbeda dari porduk pastry lainya. Adonan pastry terbuat dari adonan roll-in fat (lapisan lemak) atau laminated dough (adonan yangberbuku-buku). Karenanya, produk ini banyak mengandung lemak.  






Kemarin, Jumat 18 Oktober 2019, mahasiswa Trestelle Academia Pasticceria belajar membuat produk Pastry. Diprakteknya ini, mereka diajarkan basic membuat kulit yang berlapis-lapis tersebut. dibawah bimbingan Chef Fitri selaku dosen pengajar Pastry serta asisten dosen, Chef Ita, mereka dapat membentuk lapisan antara adonan dengan pastry fat.












Chicken Curry Puff, Danish Pinwheel dan Croissant, ketiga produk pastry ini sama-sama menggunakan metode membuat lapisan ‘berbuku-buku’. Akan tetapi, Chef Fiti membedakan bentuk tiap produk puff tersebut. Wandoko, salah seorang mahasiswa Trestelle ini membentuk lembaran adonan Puff Chicken Curry Puff  berbentuk persegi panjang, kemudian diisi dengan suwiran ayam yang sudah dimasak kari. 





Sementara itu, Danish Pinwheel dibentuk seperti baling-baling diberi isian vla manis ditengahnya. Caroline, mahasiswi ini tidak lupa memberikan lapisan mengkilap di permukaannya sesaat produk keluar dari oven. 






Berbeda lagi dengan produk yang bernama Croissant, salah satu produk Pastry yang sangat populer dari Negara Perancis. Bentuknya yang menyerupai bulan sabit dan berlapis-lapis inilah yang menjadi ciri khas dari produk ini. Mereka bersama Chef Fitri, membuat bentuknya dengan cara mengukur adonan yang sudah jadi tersebut menyerupai segitiga lalu menggulungnya.












Kemudian, mereka, para mahasiswa yang sudah siap mengoven segera memanaskan oven dan memanggannya hingga matang dan berwarna kecokelatan. Karena di kampus dituntut dapat menampilkan sajian yang indah, para mahasiswa pun menyiapkan piring saji yang sudah dihias untuk menyajikan produknya. *Slv

Komentar