Tiga Puding Hot And Cold ala Mahasiswa Pastry Reguler


Tiga Puding Hot And Cold ala Mahasiswa Pastry Reguler




Saat musim panas seperti ini sangat cocok jika mengkonsumsi buah segar, minuman dingin juga es krim. Adalagi yang bisa meredakan hawa panas sekitar kita yakni cemil puding. Selain menyegarkan, puding inijuga dapat mengenyangkan dan menyehatkan karena mengandung banyak serat. Tak jarang pula puding menjadi salah satu produk jual yang kecil pengeluarannya namun besar keuntungannya.
Meskipun puding ini dibilang mudah untuk membuatnya, akan tetapi ada beberapa puding lezat yang cukup rumit untuk membuatnya. Seperti tiga produk puding yang dibuat oleh mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit ini (17/9). 





Creme Brulee Pudding, Watermelon Pudding dan Montelimar Pudding, ketiga puding ini merupakan puding yang berbeda dalam cara penyajiannya. Chef Arwati, selaku dosen pengajar Pastry, menjelaskan ketiga puding ini secara rinci kepada 19 mahasiswanya. “Creme Brulee Pudding, puding yang memiliki ciri khasnya yang unik yakni terdapat karamel gosong di atas permukaanya” terang Chef Arwati.






 Mahasiswa yang kebagian membuat produk ini, secara bertahap membuat adonan Crème Brulee bersama rekannya. Adonan yang sudah jadi dituang ke dalam cup alumunium foil lalu dipanggang hingga permukaan gulanya menjadi cokelat dan matang. dan puding ini termasuk dalam jenis hot pudding, yang disajikan dalam keadaan hangat. 






Sedangkan Watermelon Pudding dan Montelimar Pudding merupakan puding yang penyajiannya harus dalam keadaan dingin (cold). Cara pembuatannya juga berbeda dari puding sebelumnya. mahasiswa yang membuat watermelon pudding ini, ia membagi adonan pudingnya menjadi tiga bagian yakni putih, merah dan hijau kemudian dituang dalam cetakkan hingga membentuk puding berlapis. 







              Sama seperti Watermelon Pudding, Montelimar Puding juga menggunakan teknik yang sama. Hanya saja, kali ini salah satu adonannya merupakan adonan bening yang kemudian ditambahkan dengan potongan buah segar. selain itu, Montelimar Pudding disajikan dengan vanilla sauce oleh salah satu mahasiswa Pastry yang diletakkan tepat di tengah puding. 












            Kemudian puding yang sudah jadi dan teksturnya mengeras sempurna, para mahasiswa dengan cepat menatanya di atas piring saji. berhias dengan saus stroberi, potongan buah hingga daun mint, mereka letakkan guna memperindah tampilan produk buatannya. *Slv




Komentar