Reka Rasa Puding Cantik Hasil Praktek Mahasiswa Tristar


Reka Rasa Puding Cantik Hasil Praktek Mahasiswa Tristar




Kamis lalu (12/9), mahasiswa Pastry membuat kreasi puding yang tampilannya tidak biasa. Di lab dapur, lantai II, Graha Akademi Pariwisata Majapahit, Surabaya, 19 mahasiswa bimbingan Chef Vivi membuat 3 varian puding.
 



Dalam praktik materi perkuliahan  ini, Chef Vivi akan mengenalkan mahasiswanya resep puding yang unik. Ada tiga jenis puding yang mereka praktikan yakni Coconut Cream Brulee, Watermelon Pudding dan Montelimar Pudding. Dan semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari rasa, tampilan hingga bahan yang digunakannya.





Seperti saat pembuatan Coconut Cream Brulee, bahan yang digunakan merupakan perpaduan antara cream dan coconut milk. Kemudian  adonan yang sudah jadi dituang ke dalam cup aluminium foil dan didiamkan hingga mengeras. Karena Cream Brulee, permukaan puding ditaburi dengan gula pasir dilanjutkan dibakar menggunakan torch hingga mengkaramel. 





Ada juga Kelompok mahasiswa yang membuat puding buah namun dibuat seperti puding kaca. Puding ini dibuat selang seling antara puding susu dengan punding yang menggunakan potongan buah segar stroberi, jeruk, kiwi dan blueberry. Bersama Chef Vivi, mereka diberikan teknik pembuatanya agar bisa tampil berselang-seling.



Kelas yang berisikan mahasiswa angkatan tahun 2019 ini diajarkan pula bagaimana cara membuat jenis puding busa atau bavaroise pudding. Water melon Pudding, salah satu resep bavaroise pudding yang cara membuat lapisannya cukup rumit. “Karena ini menggunakan kocokan putih telur atau meringue, adonan pudingnya lebih cepat mengeras. Jadiny, kalau diberi warna pada adonan harus cepat” ujar chef vivi saat mempraktikkan cara embuat lapisan watermelon pudding.





Dilanjutkan dengan penataan tiap produk dilakukan kelompok mahasiswa sesuai dengan kreasinya. Ditambah dengan sedikit ‘pernak-pernik’ di sekitar puding agar tampilan lebih cantik dan proses ‘mengabadikan nya’ pun tak lupa dilakukan mereka.
Pembuatan puding yang mereka praktikan memang memerlukan waktu yang cukup lama karena menggunakan beberapa tahapan untuk menyelesaikanya. Akan tetapi dengan adanya materi seperti ini, mahasiswa dapat mempelajari prosedur dari reseppuding beraneka jenis.*Slv

Komentar