Olahan Telur Rebus Tampil Istimewa Buatan Mahasiswa Kuliner


Olahan Telur Rebus Tampil Istimewa Buatan Mahasiswa Kuliner

 


Selain mengajarkan produk-produk Pastry, di kampus Kuliner yang terakreditasi A ini, Akademi Pariwisata Majapahit, mengenalkan pula produk-produk Kuliner yang lezat. Di bawah bimbingan para Dosen yang handal dibidangnya, para mahasiswa akan selalu diberikan tips dan trik untuk mendapatkan hasil hidangan yang istimewa.








Kemarin, Rabu, 4 September 2019, mahasiswa Kuliner sedang mempraktikkan hidangan Western berbahan dasar telur ayam. Biasanya telur yang sudah direbus hanya diolah itu-itu saja seperti balado, dadar, ceplok dan orak arik. kali ini Chef Ari mengenalkan untuk mengolah telur menjadi hidangan western yang enak. 





Ia memberikan dua resep kepada mahasiswanya yakni Scotch Egg dan Devil Egg yang cara membuatnya sangat berbeda satu sama lainnya. 19 mahasiswa ini dibagi menjadi dua kelompok untuk mengerjakan dua resep tersebut. 








Sebelumnya, Chef Ari sempat mengajarkan bagaimana membuat adonan lapisan Scotch Egg. Terbuat dari cincangan daging sapi, roti tawar dan rempah-rempah lainnya, dan teksturnya akan menjadi lebih lembut. Jessy, salah satu mahasiswa mencoba langsung menimbang campuran adonannya sebanyak 120 gram lalu meletakkan satu butir telur rebus di atasnya. kemudian dipadatkan dan dilumuri dengan bahan coating.






          Jessy, Cici dan Yasir, mereka segera menggoreng Scotch Egg yang sudah dibentuk hingga berwarna kuning kecokelatan. “saat menggoreng Scotch Egg, minyak harus dalam keadaan panas sedang. Jika terlalu panas, maka warna Scotch Egg akan gosong dan dalamnya masih mentah” terang Chef Ari. 











           Sedangkan kelompok lainnya membuat Devil Egg yang membuatnya sangat mudah dan cepat jika dibandingkan dengan Scotch Egg. Telur rebus dikerat-kerat hingga menjadi dua bagian lalu kuning telurnya dipisahkan. 






Uniknya, kuning telur yang dipisahkan tadi akan diisikan kembali setelah dilumatkan dan dicampur dengan bahan lainnya yakni mustard, mayonnaise, air lemon, lada, garam dan cincangan parsley.







Kedua hidangan tersebut semakin istimewa setelah ditata dan dihias oleh mereka dengan parsley segar dan irisan jeruk lemon di sekitar piring sajinya. Lalu Dosen pengajar pun segera mencicipi dan memberikan evaluasi produk saat itu juga kepada mahasiswanya. *Slv

Komentar