Mengetahui Pembuatan Bumbu Rujak Dalam Kemasan

Mengetahui Pembuatan Bumbu Rujak Dalam Kemasan




Di kampus Tristar Institute merupakan salah satu kampus yang berlatar belakang pembelajarannya mengenai perhotelan dan dunia kuliner. Disana mahasiswanya akan dikenalkan dengan bermacam-macam resep dasar hingga kreasinya pula. ada juga perkuliahan yang mempelajari tentang Teknologi Pangan seperti teknik pengawetan bahan, mengolah bahan makanan menjadi suatu produk baru.




Seperti yang dilakukan oleh kelas Pastry kemarin Rabu, 18 September 2019 di kampus Tristar Institute Surabaya. mereka, para mahasiswa Pastry, menerima materi Cooking Demo yang bertemakan ‘Membuat Bumbu Rujak Dalam Kemasan’. Bumbu rujak biasanya dibuat dadakan dan harus dimakan saat itu juga karena ketahananya tidak akan lama.
Sehingga Chef Rachma mengenalkan salah satu resep produk teknologi pangan kepada mahasiswanya. “bumbu rujak yang kita bikin ini berbahan dasar dari gula semut. karena jika menggunakan gula merah biasa, bumbu rujaknya menjadi kasar karena gula merah biasanya ada kulit niranya” terang Chef Rachma. 








Kemudian mereka segera mengambil pisau dan peralatan masak lainnya setelah diberi penjelasan materinya. Vado, Dwika, Jasmine, Nadia dan Ervina kebagian untuk mengupas buah-buahan segar serta memotongnya menjadi ukuran kecil. 





Sedangkan mahasiswa lainnya merebus gula semut, kacang tanah goreng, air, terasi, garam, cuka dan cabai rawit hingga mengental. “setelah direbus, bumbu rujak ini bisa ditambahkan dengan benzoate sesuai takaran. Benzoat adalah bahan kimia yang kegunaannya agar bumbu bisa tahan lebih lama” jelas Chef Rachma ketima menambahkan benzoate ke larutan bumbu rujak.







Lalu ia pun menuangkan bumbu rujak yang sudah matang dan dalam keadaan hangat-hangat kuku dituang ke dalam botol kemasan. Dalam tahapan ini, mahasiswa diharapkan tidak berbicara dan kemasan sudah steril agar bakteri tidak masuk saat pengemasan berlangsung.




Bumbu rujak dalam kemasan yang dibuat oleh mereka dapat bertahan selama 8 bulan dalam suhu ruang. Setelah kelas selesai, rujak buah ini dicicip dan dinikmati bersama-sama .*Slv

Komentar