Materi Si Imut Petit Four Yang Menggiurkan


Materi Si Imut Petit Four Yang Menggiurkan





Petit Four, mungkin masih bannyak yang belukm tahu istilah tersebut ditelinga kita. Petit four atau bisa dikatakan sajian manis maupun gurih yang berukuran kecil, satu hingga dua kali gigitan saja. Di Indonesia, Jenis sajian ini disediakan hanya dalam acara tertentu saja seperti Arisan, Pesta Pernikahan, Syukuran atau Buffet.










Padahal, sajian populer di Eropa ini bisa juga sebagai teman minum kopi atau teh mereka yang sedang bersantai. Rasa dan bentuknya pun begitu menarik, karena berhias dengan aneka topping, cokelat, glazur, buah segar hingga permen. Seperti Petit Four yang dibuat oleh mahasiswa Pastry Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya lalu.




Kamis, 5 September 2019, lab dapur Pastry sedang mempraktikkan aneka Petit Four bersama Chef Vivi. Mahasiswa Pastry pagi dan siang saat itu sama-sama mendapatkan materi yang sama akan tetapi tampilan akhir yang berbeda satu sama lain. 





Ada 4 jenis variasi Sweet Petit Four yang diberikan Chef Vivi kepada mahasiswanya yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok. pemberian sedikit teori tak lupa dilakukan oleh dosen pengajar yang bertujuan supaya mereka dapat memahami tiap teknik selama proses pembuatannya.








Seperti biasanya, mereka langsung menimbang bahan dan menggarapnya sesuai dengan prosedur resepnya. Tiga dari empat  resep Petit Fours ini sama-sama menggunakan Sponge Cake sebagai dasaranya kemudian ditambahkan dengan buttercream aneka rasa pada tiap lapisannya.




Sedangkan satu resep lagi yang hanya menggunakan cokelat biskuit untuk dasaran cakenya yakni membuat Tiramisu Cheese Cake. dari namanya bisa dibayangkan rasa yang akan dihasilkannya. Perpaduan Cream Cheese dan kopi ini begitu menyatu, apalagi ditambah dengan renyahnya dari biscuit, menjadikan tiramisu Cheese Cake ini seperti cake dari Eropa. 




Chef Vivi juga memberikan sedikit trik membuat hiasan dari cokelat masak pekat sebagai hiasan Petit Four yang mahasiswanya buat. Terlihat salah satu mahasiswa membentuk cokelat masak pekat yang sudah dicairkan di atas alas silpat dengan mudahnya. 





















Kedua kelas Pastry ini, kelas pagi dan siang, menyajikan aneka Petit Four dengan bentuk hiasan yang berbeda sehingga tampilannya pun berbeda pula. hasilnya pun cukup bagus dan tak kalah cantiknya dengan buatan Chef  Hotel. *Slv

Komentar