Kolak Berbentuk Pudding Cake Hasil Karya Mahasiswa Tristar


Kolak Berbentuk Pudding Cake Hasil Karya Mahasiswa Tristar




Dalam beberapa hari ini, 25-27 September 2019, kampus Tristar Institute Jemur Sari, Surabaya sedang melaksanakan ujian praktik akhir triwulannya. Para mahasiswa Pastry dan Kuliner serentak memulai kegiatan tersebut dengan tema ujiannya disesuaikan oleh dosen pengajar masing-masing kelas.
Lantai 2, lab dapur Pastry I, mahasiswa Pastry diberikan tema ujiannya Petit Four & Bread. Chef Vivi, selaku dosen pengajar Pastry, memberikan tema tresebut secara acak kepada mahasiswanya. Sehingga mereka tidak bisa memilih yang mereka mau. Dan ini menjadi tantangan mahasiswa Pastry yang sudah menerima materi Pastry selama triwulan ini.






Meskipun ditentukan temanya, para mahasiswa tetap dibebaskan untuk mengkreasikan resep yang digunakan. Seperti Sayyid, salah satu mahasiswa Pastry, mengkreasikan sebuah resep cake menjadi cake yang unik yakni Kolak Puding Cake.











Biasanya cake hanya ditopping Butter Cream, fondant maupun cokelat, namun Sayyid mendapatkan ide untuk mengkreasikan resep cake bercitarasa tradisional Indonesia. Isian kolak seperti pisang kepok, ubi ungu, kolang-kaling, mutiara hingga nangka ia gunakan sebagai topping. Lalu  rasa cake yang dibuatnya merupakan Sponge Cake rasa pandan.





Setelah itu, ia pun meletakannya di atas piring saji berwarna putih dan hias dengan potongan daun pandan segar di sisi pudding cake tersebut. saat waktu ujian telah habis, Sayyid beserta teman lainnya segera menata produk-produknya di atas menja penilaian.
Satu per satu produk yang dibuat oleh mahasiswa pastry II dicicipi Chef Vivi dan dirasakanya dengan benar. Ia menilai produk ujian ini dilihat dari segi rasa, tekstur, warna dan yang terpenting kreatifitas mahasiswanya.






Komentar