Aneka Puding Panas Nan Lembut Tampil Kece

Aneka Puding Panas Nan Lembut Tampil Kece




Rabu, 17 September 2019 kemarin, kelas Pastry mempraktikan salah satu produk Pastry yang bertekstur lembut dan manis. Bersama Chef Vivi, mereka dikenalkan aneka puding panas dengan kreasinya Caramel Pudding, Klappertart dan Chocolate Pots De Crème. 





Ketiga puding panas yang akan mereka buat ini, kerap pula dijadikan list menu di Hotel berbintang maupun Resto. Bertekstur super lembut, puding jenis ini begitu digemari oleh penikmatnya. Bahkan para mahasiwa Tristar Institute juga begitu penasaran sehingga tak sabar untuk segera membuatnya.








Sebelumnya, Chef Vivi menjelaskan teknik pembuatan puding beserta tipsnya pada mereka. Lalu para mahasiswa membagi tugas dalam pengerjaan ditiap pudingnya. Seperti saat pembuatan Klappertart, Fasa dan Sayyid memotong serutan kelapa muda menjadi potongan kecil. Sedangkan teman lainnya membuat adonan klappertat dan memasaknya.







Kemudian adonan yang sudah jadi dituang ke dalam cup aluminiium foil hingga ¾ bagian. Karena ciri khas Klappertart adalah terdapat topping meringue, Chef Vivi mencoba mempraktikan menyemprotkan adonan meringue terlebih dahulu. Supaya mahasiswa dapat mengikutinya dengan benar. Lalu Klappertart pun dipanggang dalam oven hingga permukaanya kecoklatan.





Dari ketiga puding yang mereka buat ada satu puding yang sering dijadikan kudapan manis yang menggiurkan di beberapa serial animasi TV yakni Caramel Puding. Puding yang terbuat dari telur dan susu, lalu ada lapisan cokelat dibagian bawahnya karena gula karamelnya. Paduan pas dari sebuah hidangan penutup yang terlihat mewah namun sungguh mudah dalam pembuatannya.











Dilanjutkan dengan proses penataan hidangan ini dibuat seperti ala-ala poto majalah makanan, mereka juga diajarkan pula. Chef Vivi memberikan contoh bagaimana penatan bahan ataupun piranti tambahan sebagai ‘teman poto’ produknya. Produknya pun tak ketinggalan dihias ‘kece’ oleh mahasiswa sehingga hasil nya lebih menarik. *Slv


Komentar