Reka Rasa Roti Manis Tampil Kekinian


Reka Rasa Roti Manis Tampil Kekinian


 

Selasa, 13 Agustus 2019, 19 mahasiswa Pastry mempraktikkan empat produk roti manis dengan bentuk yang unik. Resep yang diberikan merupakan resep pembuatan roti manis namun ada yang berbeda yakni menggunakan teknik tangzhong.
Tangzhong merupakan bahan rahasia yang berasal dari Jepang, bisa diartikan sebagai pasta tepung. Cara pembuatanya juga amatlah mudah, hanya mencapurkan tepung terigu dengan air lalu direbus hingga mengental seperti pasta. setelah itu barulah adonan roti yang sudah jadi dicampurkan dengan adonan tangzhong tersebut.




Beberapa mahasiswa yang mendengar istilah ini masih asing baginya karena mereka hanya tahu cara membuat roti seperti pada umumnya. Tekstur adonan ini sedikit lebih lembek Karena kadar air pada adonan pasta tangzhong akan menambah kelembapan adonan rotinya. Meskipun begitu, mahasiswa tetap bisa membentuk adonannya dengan mudah.







Seperti salah satu mahasiswa yang membuat produk roti manis berisikan potongan campuran buah kering, Honey Mix Fruits Bread. Ia menggilasnya terlebih dahulu adonannya hingga melebar lalu diberikan potongan buah mix fruits dan digulung. Bentuk produk ini mirip dengan Cinnamon Roll hanya isiannya diganti dengan Mix Fruits dan sedikit olesan madu dipermukaannya.








Tidak hanya itu, Chef Vivi juga mengajarkan membuat roti manis lainnya dengan tampilan kekinian tettunya yakni Bienenstich, Cheese & Smoke Penetone dan Vla Mixpeel Bread. Semua adonan dasar yang dibuat sama-sama menggunakan teknik tangzhong juga. Sehingga tekstur roti lebih lembut dan empuk.




Ketika semua adonan roti manis sudah dibentuk dan ditopping, para mahasiswapun segera memasukannya ke dalam oven. Dengan suhu 180oC selama 15 menit hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang.






Materi perkuliahan ini bertujuan agar mahasiswa juga bisa mengetahui beberapa teknik pembuatan roti yang berbeda. Tidak hanya melulu satu teknik saja, melainkan masih ada teknik lainnya. beda teknik maka hasil jadinya akan berbeda, salah satunya teknik tangzhong ini. *Slv




Komentar