Mengenal Hidangan Dari Negeri Sakura


Mengenal Hidangan Dari Negeri Sakura
 
 

Jepang adalah salah satu Negara yang sering menjadi tren kuliner dunia dan selalu banyak yang menyuai hidangannya. Terkenalnya hidangan ala Jepang tak terlepas dari budayanya yang begitu kuat dan sudah menjadi ciri khas, dunia pun telah mengakuinya, tak terkecuali Indonesia.




Bukan hanya jajananya saja, masakan Jepang juga sangat populer di Indonesia. Seperti tiga resep yang dipraktikkan oleh mahasiswa Tristar Institute Surabaya ini (14/8). 19 mahasiswa Kuliner triwulan pertama ditahun keduanya mendapati materi tema praktik perkuliahanya ialah ‘Mengenal Hidangan Dari Jepang’. 




Yakiniku. Chicken Teriyaki dan Miso Soup, ketiga hidangan ini selalu masuk daftar list menu  di sebuah Hotel, Resto maupun Kafe. Rasa khas dari minyak wijen dan bahan ala Jepang yang membuat ketiga masakan itu digemari oleh penikmatnya.





Kemudian mahasiswa kuliner segera mengolah daging segar yang sudah disiapkan. Ada yang memotong daging, merebus bahan kering seperti jamur shitake kering hingga membuat kuah kaldu untuk supnya.








Saat salah satu kelompok membuat Chicken Teriyaki, Chef Ari sempat memberikan tips kepada mahasiswanya untuk jangan terlalu banyak menuang minyak goreng. Karena akan membuat potongan ayam mengandung banyak minyak ketika dicampur dengan bahan lainnya. 





Dari semua resep yang diberikan oleh dosen pembimbing, resep Miso Soup lah sedikit unik. Kelompok mahasiswa yang kedapatan membuat miso soup ini harus memisahkan kuah dengan bahan isian seperti jamur shitake, tofu dan bahan taburannya. Bukan semua bahan dicampur ke dalam kuah banyak melainkan cara penyajiannya adalah bahan isian yang sudah diiris dan matang ditata dalam mangkuk sup lalu barulah kuahnya dituang.








Semua mahasiswa pun dapat menyicipi masing-masing produk dan saling berkomentar satu sama lain setelah Chef Ari memberikan evalusi produknya.
Materi yang bertemakan hidangan dari Negara lain tidak hanya ini saja akan tetapi masih ada banyak lagi yang akan mereka pelajari selama triwulan ini. Dan pastinya dengan resep hidangan yang populer dan enak. *Slv

Komentar