Mau Rebus Atau Kukus, Tofu Meat Ball Sama Nikmatnya

Mau Rebus Atau Kukus, Tofu Meat Ball Sama Nikmatnya

 


Gurihnya isian bakso berpadu dengan lembutnya tahu, menjadikan kudapan gurih Tofu Meat Ball salah satu kudapan favorit  apalagi dinikmati dengan saus sambal ataupun hanya dengan cabai rawit segar, lengkap sudah cara menikmati Tofu Meat Ball ini. 





Tofu Meat Ball biasanya juga dikatakan dengan Tahu bakso oleh masyarakat pada umumnya. Kualitas nya pun beragam, menggunakan kualitas baik jika bahan adonan baksonya terbuat dari ikan tenggiri, sehingga rasanya pun lebih gurih. bisa juga dicampur dengan ikan lainnnya untuk menekan biaya pengeluarannya. Seperti materi Cooking Demo yang diberikan pada kelas Kuliner Akpar Majapahit Surabaya.




Salah satu kampus yang telah terakreditasi A ini juga memberikan perkuliahan Teknologi Pangan, Tofu Meat Ball misalnya. bersama salah satu Dosen Teknolgi Pangan, Chef Endang, 19 mahasiswa Kuliner diberikan resep Tofu Meat Ball ekonomis (27/8).   
Chef Endang sempat menjelaskan juga tentang penggunaan bahannya.”Tahu Bakso yang kita buat ini menggunakan dua bahan dasar yakni ikan tenggiri dan barakuda. Selain lebih ekonomis, ikan barakuda juga memiliki tekstur lebih kenyal sehingga tekstur tahu bakso ini juga akan lebih kenyal” terang Chef Endang .





Dalam satu kelas, mereka dibagi menjadi dua kelompok kerja dengan resep yang sama. Akan tetapi, chef endang membedakannya dengan teknik pemasakanya yakni dikukus dan direbus. Kemudian tipa kelompok mengambil tahu yang sudah disediakan  dan memotongnya menjadi 4 bagian. 










Sementara itu, mahasiswa lainnya menyiapkan minyak panas untuk menggoreng tahu. Suhu yang digunakan juga panas tinggi agar tahu yang digoreng cepat kering dan warna merata. Dilanjutkan dengan proses pengisian dengan adonan Bakso Ikan yang sudah dibuat. Secara perlahan mereka mengisi tahu yang sudah dikerat satu sisinya hingga penuh. 




Lalu kedua kelompok segera memasukkan nya ke dalam panci, yang satu panci pengukus dan satunya lagi menggunakan panci untuk merebus. Waktu pematangan ternyata lebih cepat menggunakan metode direbus hanya saja kelembaban airnya lebih banyak dibandingkan Tofu Meat Ball yang dikukus. 





Dengan begitu para mahasiswa pun tahu perbedaan kedua metode yang dicobanya. “Tahu Bakso ini juga bisa juga digoreng jika ingin tekstur lebih renyah dan kenyal di dalam setelah kedua metode ini dilakukan” tambah Chef Endang kepada para mahasiswanya. *Slv

Komentar