Dua Hidangan Lezat Dari Bahan Baku Sintetis


Dua Hidangan Lezat Dari Bahan Baku Sintetis


 

Kini Healty Food sudah menjamur dimana mana, dari yang berupa hidangan berat, sajian penutup hingga snack. Semua makanan tersebut bertujuan untuk memenuhi permintaan kelompok yang hidup sehat terutama vegan. Karena jenis hidangan tersebut dalam  pembuatannya cukup rumit, sehingga harganya pun tergolong mahal.





28 Agustus 2019 Di kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya, juga membuat hidangan lezat di perkuliahan Healty Food. ada dua hidangan yang dipraktikan oleh mahasiswa Culinology yakni ikan masak asam manis dan sate usus. Dari namanya sudah dibayangkan tampilan hidangannya bukan. Akan tetapi bahan baku yang digunakan terbuat dari gluten tepung terigu dan tahu.





“Kalian pasti sering mendengar jika makanan untuk vegan ini dibandrol mahal ya kan. Itu karena teknik pembuatan bahan bakunya melalui berbagai teknik dahulu” jelas Chef Nadia.  Edric dan William pun segera menyiapkan dan memotong bahan bakunya dengan ukuran yang ditentukan.





Satu usus dikerjakan oleh Mahasiswa bertubuh tambun, William, dengan memasaknya dengan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Kemudian tak lupa, ia menyiapkan tusuk sate dan segera melilitkannya ketika usus berbumbu tersebut sudah masak dan kondisi uap panasnya hilang. 







Sesudah itu, sate yang sudah siap dipanggang di atas wajan dengan sedikit minyak di dalamnya hingga terdapat efek terbakarnya. Aroma wangi bumbu yang terkena panas minyak pun langsung keluar bersamaan dengan asap yang mengebul. 





Sedangkan teman sekelasnya, Edric, ia kebagian membuat Ikan Masak Asam Manis. Sebelumnya potongan ikan sintetis di lumuri dengan campurab tepung krispi agar memberikan tekstur renyah namun tetap lembut didalam saat digoreng. Lalu Edric melanjutkannya dengan memasaknya dengan saus asam manis yang gurih namun segar. 




Kedua hidangan ini disajikan di atas piring saji yang sudah diberikan hiasan peterselydan irisan cabai rawit. Tampilanya pun menjadi semakin menarik ketika disiramkannya masing-masing saus pada hidangannya. *Slv



 

Komentar