Cooking Demo Keripik Pisang Aneka Rasa


Cooking Demo Keripik Pisang Aneka Rasa




Rabu kemarin, di kampus Tristar Institute Surabaya menerima materi Cooking Demo untuk kelas Pastry dan Kuliner (21/8). Biasanya para dosen pengajar akan menyiapkan satu resep produk yang belum pernah mereka tahu atau pertama kali dilihatnya.
Ada salah satu kelas Pastry yang menerima materi Cooking Demo nya merupakan snack renyah dari buah yakni Keripik Pisang Aneka Rasa. Bersama Chef  dibidang Teknologi Pangan, Chef Endang, yang memberikan resep sukses membuat keripik pisang yang renyah tanpa bahan Kimia. 




“Pisang yang digunakan harus menggunakan pisang dalam kondisi yang mentah. Kemudian irisan pisang direndam ke dalam  larutan air garam selama 30 menit. Kalian juga bisa menggunakan sedikit pewarna kuning kedalam larutan jika ingin warna keripik lebih cerah” jelas Chef Endang sebelum praktik.







Lalu mereka segera mengambil alat pengiris pisang dan mengupas pisang yang masih berwarna hijau tersebut. Angel dan Jenni, mereka berdua kedapatan mengiris pisang dengan ketebalan yang sudah ditentukan dan merendamnya. Meskipun ini Cooking Demo, Chef Endang tetap mengajak mereka untuk mengolah secara bersama-sama agar dapat merasakan langsung membuat keripik pisangnya. 






Setelah menunggu perendaman irisan pisang, salah satu mahasiswa menyiapkan wajan penggorangan yang sudah berisikan minyak. Irisan pisang yang dimasukkan berjumlah tidak banyak karena akan mempengaruhi kerenyahan keripik dan selalu diaduk agar tidak menempel satu sama lain. 









Sementara itu, mahasiswa lainnya menyiapkan bubuk tabur aneka rasa yang diracik sendiri. Bubuk rasa cokelat, keju dan susu ditaburi ke keripik pisang yang sudah matang dan kondisi suhu panasnya hilang. di aduk hingga tercampur rata dan dikemas dalam kemasan kedap udara agar kerenyahan tetap terjaga.
Dengan begitu para mahasiswa Pastry ini tahu bagaimana cara membuat salah satu snack yang kerap mereka cemilnya. Juga dapat menjadi ide produk jual mereka ketika lulus nantinya, dengan kreasinya sendiri tentunya.*Slv

Komentar