Praktek Hidangan ala Kafe Oleh Mahasiswa Kuliner Tristar Institute

Praktek Hidangan ala Kafe Oleh Mahasiswa Kuliner Tristar Institute
 




Jumat, 12 Juli 2019 kemarin, mahasiswa triwulan pertama ditahun kedua memulai belajar tentang kuliner bersama Chef Ari. Kelas yang berjumlah 20 mahasiswa ini, mengenal Basic Cookery selama seminggu lamanya. Dari pengenalan potongan sayuran, macam-macam daging, teknik memasak telur hingga teknik memotong ayam.





Setelah itu, mereka diberikan resep kreasi dari materi Basic Cookery yaitu Fish & Chips, Grill Chicken Dan Beef Stew. Resep tersebut merupakan contoh kecil menu ala Kafe yang akan dipelajari di kampus Tristar Institute.





Lalu para mahasiswa pun dengan sigap mengambil bahan hewani yakni ikan gurami dan ayam dalam keadan utuh. Karena sudah mempelajari berbagai potongan ayam dan ikan, dengan mudahnya mereka memotong bagian-bagian ayam tersebut. Sedangkan ikan gurami diambil daging dari tulangnya saja atau biasa disebut juga fillet.





Kemudian  mahasiswa lainya menyiapkan bahan lainnya seperti tepung-tepungan, rempah Eropa untuk mengolah ikan dan ayam tadi. Praktek kerja ini dibagi menjadi beberapa kelompok agar dapat cepat menyelesaikan tiga resep yang diberikan oleh dosen pengajar.
 








Saat kelompok mahasiswa yang memegang resep Grill Chicken, asap dari pemanggang seketika mengebul keluar dan memenuhi dapur. Aroma Khas fillet ayam yang berlumur dengan rempah Eropa itu begitu menggoda dan tercium lezatnya. 








Selain memanggang ayam, kelompok lainnya juga mengolah daging gurami tak kalah cekatanya. Cindy dan Evelyn, mereka bedua kebagian untuk menggoreng ikan gurami berlumur adonan kering dan basah. Digoreng dalam minyak banyak, permukaan ikan yang basah menjadi renyah dan berwarna kuning kecokelatan.






Dari kedua hidangan sebelumnya, perlakuan resep Beef Stew yang paling berbeda sendiri. Chef Ari ikut mempraktikan cara memotong daging yang benar. Lalu potongan daging sapi tersebut dilumuri sedikit tepung untuk memberikan warna saat direbus nantinya.






Dilanjutkan Chef Ari dengan mengajarkan cara menata semua hidangan ala Kafe pada mahasiswanya. Penggunaan piring berwana putih menjadi pilihan Chef Ari untuk platting kali ini. Tak jarang para mahasiswa memfoto hidangannya dengan kamera hapenya untuk mengabadikan hasil praktiknya. *Slv


Komentar