Mahasiswa Tristar Institute Praktik Membuat Roti Gurih


Mahasiswa Tristar Institute Praktik Membuat Roti Gurih





25 Juli 2019, kelas Pastry Reguler  tetap masih bergelut dengan resep rotinya di Kampus Tristar Institute Surabaya. bukan roti manis, tetapi roti-roti yang biasa dimakan dengan menu pendamping lainnya seperti sup krim, butter dish, selai hingga saus.







Cheese French Whole Bread, Hard Roll dan American Pizza, semua produk tersebut akan dibuat oleh mahasiswa bimbingan dari Chef Vivi. Selama 3 jam lamanya, 19 mahasiswa ini membuat produk roti dengan dibagi menjadi beberapa kelompok. dalam resep yang diterima, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang biasa untuk membuat roti pada umunya akan tetapi ada yang menjadi perbedaan yakni penggunaan gula yang sedikit.



Sehingga untuk rasa yang dihasilkan adalalah dominan rasa gurih dan agak tawar. Karena alasan inilah kenapa produk ini biasa disajikan dengan pelengkap lain. Seperti biasanya, setelah Chef Vivi menjelaskan materi dan prosedur pembuatan tiap resepnya, beberapa mahasiswa segera menyiapkan bahan untuk membuat adonan dasar rotinya. 







Sedangkan yang lainnya menyiapkan untuk bahan topping seperti American pizza. memotong paprika, bawang Bombay, sosis dan jamur, dilakukan oleh salah satu dari kelompok pizza ini. Namun, kelompok ini membuaut perbedaan sedikit dari pizza pada umumnya, mereka memberikan sedikit taburan wijen hitam dipinggiran adonanya.
Produk lainnya pun tak kalah menariknya, ada yang ditopping keju mozzarella dan ditaburi dengan wijen di atasnya. Aroma dari Herb Eropa pun langsung keluar sesaat semua produk yang sudah dibentuk masuk kedalam oven. 








Begitu roti sudah matang, piring saji disiapkan untuk dihidangkan kepada dosen pengajar. Tak lupa sedikit hiasan kecil diatas maun disamping piring sebagai penunjang tampilannya. Evaluasi juga dilakukan oleh Chef Vivi kepada para mahasiswanya apakah haislnya sudah cukup baik ataukah masih kurang.
Materi aneka roti akan diberikan dan dipelajari trus selama satu triwulan lamanya. Dan pastinya dengan variasi dan kreasinya. Sehingga mahasiswa tidak hanya belajar dasar resep roti saja dan kedepannya mereka juga dapat menciptakan resep baru dari resep yang sudah dipelajari juga. *Slv

Komentar