Lembutnya Marmer Cake, Harlequin Cake Dan Swiss Rollcake


Lembutnya Marmer Cake, Harlequin Cake Dan Swiss Rollcake




Selasa, 6 Juli 2019, hari kedua para mahasiswa baru mempelajari Basic Pastry & Bakery di kampus Tristar Institute Surabaya. kelas yang berisikan 20 mahasiswa Pastry ini mempelajari materi Basic Pastry yang berbeda dari sebelumnya yakni membuat aneka cake.








Ada tiga resep cake yang akan dipraktekkan oleh mereka, Marmer Cake, Harlequin dan Swiss Rollcake. Semua mahasiswa pun segera mempersiapkan timbangan, mikser dan spatula untuk mengocok adonan dasar cake. telur, gula dan emulsifierdikocok bersamaan hingga mengembang dan kaku.
Namun ada satu cake yang menggunakan teknik yang berbeda dalam tahapan pengocokanya. Marmer cake, salah satu cake yang menggunakan teknik pengocokan Creamy Method. Margarin dan gula dikocok bersamaan hingga pucat kemudian putih telur yang sudah dikocok dituang dan aduk hingga merata. Metode cake ini lebih mudah dibanding dengan metode yang dipakai Harlequin dan Swiss Rollcake.








Marmer cake ini dibuat oleh dua kelompok mahasiswa yang berbeda satu sama lain. Chef Vivi memberikan perbedaan dari warna dan bentuk cake untuk mereka buat nantinya. Salah satunya kelompok Sheiny, Angeline dan Jennifer, mereka membagi adonan menjadi tiga bagian yang diberi pasta matcha, mocha dan vanilla. Sehingga cake mereka akan menghasilkan warna yang cantik ketika dipotong nantinya.






Sedangkan kelompok marmer cake satunya, Yonathan, Ervina dan Farhan. Mereka memilih tiga rasa yang berbeda dari kelompok sebelimnya yakni, red velvet, pandan dan pineapple. Meskipun terdengan tidak kontras dari ketiga rasa tersebut, akan tetapi ketika dimakan menjadi paduan rasa yang unik dan enak. 











Hingga semua produk tiap kelompok selesai dan matang, mereka kemudian menghidangkan di atas piring hidang yang cocok dengan produknya. Tak lupa, beberapa hiasan disiapkan dan ditata disekitar produk untuk memperindah tampilannya.
Setelah diberikan evaluasi oleh Chef Vivi, merekapun dapat mencicipi hasil prakteknya tersebut. Saling berbagi, itulah yang mereka lakukan dengan kelompok kerja lainnya agar bisa merasakan semua produknya. *Slv


Komentar