Variasi Es Krim, Gelato Dan Es Puter Hasil Praktek Mahasiwa Pastry Reguler


Variasi Es Krim, Gelato Dan Es Puter Hasil Praktek Mahasiwa Pastry Reguler



Disaat cuaca yang panas terik, minuman dingin dan es krim memang pas untuk cemilan disaat santai. Apalagi kalau kita dapat membuatnya sendiri dirumah sehingga dapat menentukan rasa yang diinginkan. Pastinya dapat memastikan bahan-bahan yang digunaka merupakan bahan yang berkualitas dan lebih sehat.





Seperti hasil praktik mahasiswa pastry reguler kemarin, Selasa, 18 Juni 2019 di lab Dapur Lantai II, Tristar Institute Surabaya. sebanyak 20 mahasiswa yang akan mempelajari bagaimana cara membuat es krim, gelato dan es puter. Bersama Chef Renni, dosen pengajar Pastry serta Chef Kris, Asisten Dosen, memberikan materi Variasi Es Krim, Gelato dan Es Puter.







Ogura Ice Cream, Peach Ice Cream, Black Forest Ice Cream Cake dan Sweet Corn Gelato, keempat es produk es krim tersebut dibuat dengan perpaduan bahan lokal seperti kelapa muda, jagung manis pipil dan kacang merah. Uniknya, ada salah satu es krim yang cukup jarang dijumpai namun kerap dijadikan dessert dibeberapa drama Korea. Mahasiswa pecinta drama Korea pasti tahu jenis dessert dingin ini.





Ogura Ice Cream, es krim ini terbuat dari krim cair, susu cair, gula dan komposisi yang penting ialah kacang merah. Kelompok mahasiswa yang kedapatan resep ogura ice cream sangat senang karena dapat membuat dan mencicipi hasil praktiknya. Dan pastinya akan Jarang mereka temui diperkulihan selanjutnya.







Selain itu, resep es krim lainnya mempunyai prosedur pembuatan yang hampir sama hanya saja bahan tambahannya yang membedakan rasa dan tampilannya nanti. Chef Renni sempat memberikan penjelasan kepada para mahasiswanya, jika membuat es krim diperlukan waktu penyimpanan yang cukup lama yakni semalaman hingga mengeras di freezer.




Kemudian mereka diajarkan cara pula cara menggunakan mesin es krim agar mempercepat proses pembekuan adonan es krim. Ada dua kelompok yang mengggunakan mesin es krim yang berbeda. Mesin hard ice cream digunakan oleh kelompok Jeslyn dan temannya, Peach Ice Cream. Kinerja mesin ini menggunakan baling-baling yang memiliki 2 mata pisau untuk   mengaduk dan memecah Kristal air dalam adonan. 






Berbeda lagi dengan kelompok Kevin dan Johan, mereka kebagian membuat es krim yang menggunakan mesin soft ice cream yakni cukup dengan menuang adonan es krim ke dalam mesin. Kemudian ditunggu beberapa menit agar adonan es krim membeku secara otomasi saat keluar.







Es krim yang tidak menggunakan mesin dengan segera dimasukkan kedalam freezer dan akan disajikan keesokan harinya. Dengan adanya kelas es krim tersebut, para mahasiswa dapat mengetahui teknik dan bahan-bahan apa saja yang digunakan. Dan dapat juga dapat dijadikan sebagai satu produk jual untuk mereka.*Slv

Komentar