Empat Masakan Indonesia Buatan Mahasiswa Kuliner Yang Menggugah Selera


Empat Masakan Indonesia Buatan Mahasiswa Kuliner Yang Menggugah Selera




Untuk kesekian kalinya, mahasiswa kuliner mempraktikkan masakan yang beraneka ragam khas Indonesia. Lebih dari seminggu lamanya, mereka mempelajari berbagai teknik serta tips untuk tiap resepnya (21/6).
Dibawah bimbingan Chef Ari, mereka mempraktikan empat resep masakan Indonesia. Sambal Goreng Hati, Ayam Bumbu Rujak, Perkedel dan Sambal Goreng Tempe Kering, semua resep tersebut dibagi menjadi dua kelompok kerja. Sehingga Chef Ari akan mengetahui perbedaan diantara dua kelompok mahasiswa tersebut.
Sehari sebelum mereka praktek secara berkelompok, Chef Ari mendemokan resep yang sama. Dengan memperlihatkan teknik memotong bahan, pengolahan hingga cara memplatting yang benar. Sehingga para mahasiswa harus sudah tahu tahapan-tahapan yang benar saat praktek mandiri.






Cara mereka memotong sayuran dan bahan utama seperti hati dan daging ayam, dilakukan dengan baik. Tugas kerja lainnya pun dibagi oleh teman kelompok yang lainnya sehingga masakkan yang dipraktekkan cepat selesai. 







Dari nama resep yang diberikan oleh dosen pengajar memang sering terdengar dan kerap dijumpai. Namun di Kampus Tristar Institute mereka diajarkan bagaimana cara mengolahnya dengan benar seperti saat membuat sambal goreng hati. Cara memotong hati dan kentangnya diukur sama yakni bentuk persegi ukuran 1 ½ cm x 1 ½ cm sehingga tampilannya tidak asal.









Salah satu mahasiswa yang mengolahnya pun dengan mudahnya dilakukan tanpa hambatan apapun. Karena sudah bukan mahasiswa baru lagi, teknik yang dipelajari terlihat lihai. Saat merebus ayam beserta bumbunya, ia menggunakan teknik simmering agar tekstur ayam lembut tanpa menghancurkan bentuknya. 







Lalu dua kelompok praktek tersebut melanjutkan menyiapkan semua masakan tersebut dalam piring saji. Ditata sedemikan rupa ala hidangan perhotelan, tampilan mereka berbeda satu sama lain. Ada yang menyajikannya dengan cara perhidangan, adapula yang menyajikanya dalam satu piring saji.
Chef Ari pun dengan segera memberikan penilaian kepada para mahasiswanya. Dari rasa. Tampilan hingga kreatifitas masakan mereka. *Slv

Komentar