Empat Jenis Es Krim Nan Lembut ala Mahasiswa Pastry

Empat Jenis Es Krim Nan Lembut ala Mahasiswa Pastry




Beberapa waktu lalu kelas pastry bimbingan Chef Renni telah mempraktikan materi es krim dengan berbagai rasa. Kini giliran mahasiswa pastry lain juga mempelajari dan mempraktikan aneka jenis es krim pula yakni Ice Cream, Gelato, Es Puter dan Sorbet. sama-sama menggunakan resep yang sama, namun tampilan kelas ini berbeda dari sebelumnya.





Kamis, 20 Juni 2019 kemarin, para mahasiswa Pastry triwulan dua ini diberikan sebagian resep aneka es krim. Blackforest Ice Cream, Ogura Ice Cream, Sweet Corn Ice Cream dan Peach Ice Cream, inilah resep yang akan dipraktikan oleh mereka. karena tiap praktek mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, resep tersebut dibagikan tiap kelompok secara berbeda.
Sebelumnya, Chef Vivi, selaku dosen pengajar Pastry, sempat menjelaskan sedikit materi es krim ini tentang perbedaan masing-masing jenis es krim. “keempat es krim yang akan kita praktekan ini memiliki perbedaan pada bahan utama dan tekstur es krim yang diberikan. Seperti Gelato, es krim jenis ini teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan jenis es krim lainnya” terang sekelumit Chef Vivi kepada mahasiswanya.






Lalu mereka langsung melaksanakan kegiatan prakteknya dengan semangat. Panci dan ballon whisk digunakan oleh semua kelompok karena cara pembuatan es krim kali ini sama yakni dengan cara direbus.






Kemudian tahapan selanjutnya mendinginkan adonan es krim secara berkala. Semua mahasiswa berusaha menghilangkan uap panas adonan dengan cara ’mengipasinya’. Dilanjutkan dengan menggunakan mesin Hard Ice Cream agar lebih cepat membekukan adonan. Selagi menunggu adonan es krim, beberapa mahasiswa menyiapkan wadah besar untuk tempat menyimpan es krim ke dalam freezer untuk didiamkan selama sehari semalam atau hingga benar-benar beku.







Setiap praktek, mereka diwajibkan memplatting produk prakteknya dengan sedemikian rupa. Uniknya, tampilan salah satu es krim mereka dipadukan dengan produk Pastry seperti Soes sebagai mangkuknya. Kelompok Peach ice cream inilah yang menampilkan keunikan tersendiri dari kelompok lainnya.






Tampilan es krim lainnya pun tak kalah menarik meskipun diletakkan dalam gelas dan mangkuk saji. Juga dihias dengan aneka hiasan dari buah segar, cokelat salut, manisan ceri hingga jagung pipil. *Slv



Komentar