Belajar Membuat Steak Eropa Bersama Chef Yenata


Belajar Membuat Steak Eropa Bersama Chef Yenata


 

Kampus Tristar Institute dikenal sebagai Kampus menimba ilmu dibidang Perhotelan dan dunia kuliner. Dengan berbagai daerah asal mahasiswanya, kampus ini cukup terkenal di wilayah jawa timur, Indonesia. Namun jika ditela’ah, Tristar Institute merupakan tempat yang mengajarkan Cooking Class bagi semua kalangan pada awalnya.
Kemudian berkembang menjadi sebuah Kampus Kuliner dengan peminat yang cukup banyak. hingga kinipun kegiatan Cooking Class tetap dijalankan. Dengan menawarankan daftar nama masakan yang sedang happening maupun masakan dengan resep jadul. Seperti Cooking Class dengan tema Aneka Steak ala Eropa (25/6).





Mendatangkan 4 peserta dari Surabaya yang bersama-sama ingin belajar bagaimana cara membuat Steak Eropa dengan tampilan ala Hotel. Bersama Chef Yenata, salah satu dosen pengajar kuliner Tristar Institute, para peserta di berikan tiga macam Steak ala Eropa.




Beef rib with BBQ sauce, Tenderloin Steak With Blackpaper Sauce dan Chicken Steak with Mushroom Sauce, tiga resep steak Eropa tersebut sangat populer di Eropa maupun Indonesia. Chef Yenata pun menjelakan jika nanti yang akan dipraktikan ada dua versi yakni original dan ala Indonesia. “perbedaannya sih hanya di penambahan bahan MSG saja, karena lidah masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan rasa gurih dari bahan tambahan itu. Berbeda lag dengan resep originalnya hanya menggunakan salt, paper dan sugar saja. Gurihnya pun hanya didapat dari dagingnya saja” jelas Chef Yenata.






Karena ada salah satu resep steak yang menggunakan Mushroom Sauce yang komposisinya harus membuat Demiglace Sauce terlebih dahulu. “pembuatan Demiglace sauce ini cukup menyita waktu karena proses pengentalan sausnya tersebut” kata Chef Yenata. Demiglace saus ialah saus berwarna cokelat yang terbuat dari tulang sapi yang dipanggang yang ditambahkan dengan berbagai sayuran dan bumbu Eropa.





 


Sambil menunggu saus mengental, Chef Yenata segera melanjutkan mempraktekan Beef Rib with BBQ. Teknik yang diberikan oleh para peserta untuk makanan ini ialah menggunakan pemanggang listrik yang menggunakan pemanasan atas dan bawah. Sehingga permukaan iga tetap mengkilap setelah diolesi dengan saus BBQ ala Tristar Institute.








Selain itu, para peserta juga diberikan cara bagaimana cara membuat steak daging yang tingkat kematangannya Medium Rare (setengah matang). Tekstur luar kering namun bagian dalam daging tetap merah dan juicy. Tingkat kematangan inilah yang sering diminati oleh para pecinta steak daging. 





Tak tanggung-tanggung, Chef Yenata pun memberikan sedikit ilmu dalam menata makanan yang cantik di atas piring saji dengan mudah. Antusias peserta terlihat jelas saat Chef Yenata memperlihatkannya. 



Dan dihasil akhirnya mereka dapat mencicipi semua masakan ala Chef Yenata tersebut serta dapat membawa pulang produk prakteknya. Sehingga kesan puas bisa dilihat dari raut wajah mereka. *Slv

Komentar