Praktik Membuat Keripik Home Made Bersama Chef Rachma


Praktik Membuat Keripik Home Made Bersama Chef Rachma





Keripik merupakan sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan ataupun sayuran. Jenis makanan ringan ini kerap dijadikan teman duduk saat menonton tivi, ngobrol santai dan produk jual. Karena salah satu produk yang laku untuk dijual maka tak sedikit pula orang yang mencoba membuatnya.





Seperti keripik yang dibuat oleh mahasiswa Pastry Reguler Tristar Institute Surabaya, Rabu, 22 Mei 2019. Bersama dosen pengajar yang professional dibidang teknologi pangan, Chef Rachma, mengajarkan bagaimana cara membuat keripik yang baik dan benar kepada mahasiswanya yang berjumlah 20 orang tersebut.
Kelas teknologi pangan kali ini, mereka belajar membuat keripik pisang original tanpa ada bumbu tabur. “buah pisang yang kita gunakan harus dalam keadaan mentah dan berjenis pisang tertentu. Begitu sudah diiris, kalian sudah mneyiapkan air kapur sirih sebagai rendamannya” terang Chef Rachma.



Intruksi yang diberikan Chef Rachma langsung dilakukan oleh para mahasiswa. Dan mereka membagi tugas tiap kelompoknya dari memotong pisang, menyiapkan peralatan yang dibutuhkan hingga kemasannya. 





Kemudian pisang yang sudah diiris dan direndam, langsung digoreng dalam minyak goreng yang suhu panasnya sudah tepat. Salah seorang mahasiswa yang kebagian tugas menggoreng pun harus berhati-hati dalam menggorengnya. Jika terlalu lama waktunya saja, dapat mempengaruhi warnanya yakni lebih kecoklatan. 




kertas merang atau biasanya disebut kertas gorengan segera disiapkan untuk meniriskan keripi pisang yang sudah matang. “keripik pisang yang sudah matang, diamkan sejenak di atas kertas merang agar meinyak dapat terserap dan suhu keripik sudah dingin” kata Chef Rachma.





Lalu mereka mengemas keripiknya dengan plastik klip berdiri tanpa lebel. Sambil mengemas, Chef Rachma juga menjelaskan cara pengemasan yang lainnya kepada mereka. Sehingga mahasiswa yang ingin berwirausaha dengan produk keripik ini dapat ilmu yang lengkap hingga pengemasannya. *Slv  

Komentar