Bikin 'Ngiler', Aneka Cake dan Variasinya Buatan Mahasiswa Tristar Institute


Bikin 'Ngiler', Aneka Cake dan Variasinya Buatan Mahasiswa Tristar Institute




Mengawali bulan Ramadhan, mahasiswa Pastry Reguler triwulan ketiga mendapati materi praktik yang menarik. Chef Vivi, ia memberikan materi cake dan variasinya tepat di hari Selasa, 7 Mei 2019.  





Sebanyak 20 mahasiswa Pastry Reguler, dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Tiap kelompok diberikan resep cake yang berbeda dan menggunakan teknik pengolahan yang berbeda juga. Mereka diberikan 7 resep, Zodiac Galaxy Cake, Rainbow Galaxy Cake,  Green Raisin Choco Chip Layer, Choco Mix Peel Layer, Prune Layer, Carrot Roll Cake dan Strawberry Roll Cake.





Karena sudah menjadi mahasiswa hampir setahun lamanya, mereka dengan mudahnya menerima teknik yang sudah di ajarkan oleh dosen pengajar, Chef Vivi.  Dari teknik mengocok adonan cake, mengatur suhu pemanggangan hingga menghias cake untuk mempercantik tampilan produk.





Suasana riweuh pun tak luput disajikan saat mereka praktik materi cake ini. Apalagi ketika membuat character rollcake, secara penuh kesabaran dan telaten mereka lakukan agar corak yang dibuat tergambar bagus dan rapih. Kemudian barulah adonan dasar cake dituang kedalam loyang. 



Chef Vivi juga sempat mempraktikkan bagaimana cara menggulung strawberry rollcake yang benar agar padat dan tidak renggang. Cake yang sudah matang dan dalam kondisi susu ruang, diolesan selai dan potongan buah stroberi disatu sisinya. Digulung perlahan hingga padat dan simpan dalam lemari pengingin selama 30 menit agar gulungan tidak lepas.




Sedangkan untuk zodiac galaxy , mereka membuat hiasannya dari fondant yang dibentuk lambing zodiak. Diletakkan di atas cake yang sudah disiram cokelat masak putih bercorak ala galaxy. 









Diakhir praktik, mahasiswa pastry reguler ini diberikan evaluasi dan dapat mencicipi hasil praktinya. *Slv

Komentar