Tartlet Gurih Dan Manis Hasil Praktik Mahasiswa Tristar Culinary


Tartlet Gurih Dan Manis Hasil Praktik Mahasiswa Tristar Culinary






Tartlet adalah salah satu produk Short Crush Pastry yang teksturnya beremah dan renyah. Dengan ukuran yang bervariasi, isian tartlet dapat disesuaikan menurut selera dan jenisnya. Produk Pastry ini juga sangat cocok untuk sajian suatu acara formal maupun non formal karena bentuk dan hiasan yang kini semakin menarik nan modern.




Tidak luput pula Dalam pembelajaran mahasiswa di Kampus Tristar Culinary, mereka diajarkan berbagai produk tartlet. Di kelas Pastry Reguler, Selasa 28 Januari 2019, giliran mereka mempraktikan  aneka Tartlet dan Pai yang dibimbing oleh Chef Vivi. 









Di bawah tangan dingin Chef Vivi, resep tartlet biasa menjadi luar biasa. Bisa dilihat dari segi bentuknya yang unik, mahasiswa membuatnya layaknya menghias wajah seorang wanita. Diberikan pernak-pernik bunga bentuk bunga, bintang yang berukuran kecil di pinggiran kulit Painya.




 

 
Teknik pembuatannya yang mudah yakni membuat adonan Pai atau Tartlet harus menggunakan dengan 2 buah pisau. Kemudian diaduk hingga berupa memasir dan rata antara lemak dan tepung terigu. “teknik seperti ini ada tujuannya, supaya protein dalam tepung atau biasa disebut gluten tidak cepat terbentuk. Berbeda lagi kalau kalian mengaduk adonannya menggunakan mikser, maka hasil tekstur kulitnya akan lebih keras karena pengadukkan terlalu keras” kata Chef Vivi, salah satu Chef Pastry. 



Suasana senang namun santai terlihat jelas dari raut wajah para mahasiswa ini. Kelas yang berisikan 11 mahasiswa dari background sekolah yang berbeda beda inilah, mereka dapat saling belajar satu sama lain. Mereka yang berasal dari sekolah boga akan lebih terlihat, seperti cara menghidanganka sajian tartlet yang sudah matang ini. Hiasan kekinian pun tertuang dalam piring sajinya.


















Kelas pun ditutup dengan evaluasi produk untuk membahas satu persatu aneka Tartlet dan Pai yang lezat dan cantik itu. Para Mahasiswa dapat mencicipi produknya juga agar tahu bagaimana hasil masing-masing produknya. *Slv


Komentar