Variasi Cupcake Dan Muffin Di Kelas Pastry Tristar Institute


Variasi Cupcake Dan Muffin Di Kelas Pastry Tristar  Institute

 


Pilih Cupcake atau Muffin? Kedua sajian dessert ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tampilannyapun hampir mirip yakni berupa kue yang ditempatkan dalam mangkuk kertas. Biasanya, masyarakat umum cukup tau membedakan antara Cupcake dengan Muffin berdasarkan ada tidaknya frosting di atas kuenya.

 



Tapi jangan salah, perbedaan kedua kue ini lumayan banyak, tidak hanya tambahan frosting saja. Melainkan dari segi teknik pembuatan, tekstur hingga suhu pemangganganya juga. Pengetahuan ini juga diberikan oleh mahasiswa Pastry Tristar Institute ditriwulan pertamanya 

 



Dalam materi dasar pastry, mereka dikenalkan berbagai kue sesuai golongannya. Salah satunya kue dalam mangkuk kertas ini, yang menggunakan teknik berbeda satu sama lain.  Dibimbing oleh Chef Vivi, mereka diberikan resep Dasar beserta variasinya. Tepat di hari selasa (22/1), mahasiswa Pastry mempraktikan materi ini.




 






Kerjasama tim sangat menentukan hasil produk yang dipraktikannya karena mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa membagi tugas kerja sehingga dosen pengajar juga dengan mudah menilai kinerja masing-masing mahasiswanya. 























Ada dua belas resep yang dipraktikkan mereka selama 3 hari, diantaranya Dates Cashew Bread, Chocolate Cherry Muffin, Corn Cheese Muffin, Double Choco Muffin, Vanilla Cupcake, Green Tea Cupcake dan masih banyak lagi.
Tak ketinggalan, Chef Vivi juga mengajarkan cara menghias dengan menggunakan buttercream yang unik. Contohnya beberapa warna menjadi satu dalam satu kali semprotan buttercream, biasanya disebut dengan warna unicorn. Ada juga cara bagaimana teknik membentuk mawar dari buttercream dengan mudah.
Dilanjutkan dengan menyajikannya di atas piring hidang yang sudah diberi hiasan dari lelehan cokelat masak pekat, taburan choco chips hingga manisan buah ceri. Mahasiswa pun begitu antusias untuk mengetahui hasil produk yang dipraktikkan. *Slv

Komentar